Meski Terlihat Menjijikkan, 4 Benda yang Berasal dari Tubuh Hewan Ini Berharga Fantastis!

tubuh hewan
Sumber: Hipwee

Seperti yang telah kita ketahui, hewan memberi manfaat yang banyak untuk umat manusia. Mulai dari dagingnya untuk kita konsumsi, kulitnya yang kerap dijadikan bahan tas, sepatu dan lainnya, hingga kotorannya pun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk. Tak jarang, beberapa benda yang dibuat asli dari hewan seperti tas kulit, dibanderol dengan harga jutaan rupiah karena memang kualitasnya yang bagus. Akan tetapi, ternyata ada beberapa hal yang mungkin terdengar menjijikan dari tubuh hewan namun bila dijual bisa berharga sangat fantastis. Penasaran benda apa saja yang berasal dari tubuh hewan yang memiliki harga gila-gilaan? Intip ulasannya berikut ini.

4 Benda yang Berasal dari Tubuh Hewan yang Mempunyai Nominal Harga Jutaan

Sarang Burung Walet

Sumber: GoDok

Mungkin, sebagian dari Anda sudah familiar dengan sarang burung walet yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat, ataupun kecantikan. Hal ini dikarenakan sarang burung walet mengandung Glyco Protein yang berkhasiat memperbaiki daya tahan tubuh, membersihkan paru-paru, serta mengandung faktor pertumbuhan (growth factor) yang memperbaiki regenerasi sel. Sarang burung walet sendiri terbuat dari air liurnya yang mengeras dan berbentuk mangkuk.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa menikmati sarang walet ini karena harganya yang sangat mahal. Terlebih lagi jika sarang tersebut telah berbentuk sempurna layaknya mangkuk, harga jualnya pun tentu menguras kantong. Bahkan, ada yang lebih mahalya lagi, yakni sarang walet berwarna merah. Setidaknya, untuk mendapatkan 1 kilogram sarang walet, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000. Yang mana, kisaran harga tersebut masih bisa naik setiap tahunnya sesuai permintaan pasar.

Baca Juga: Miris, Beberapa Jenis Hewan Asli Indonesia Ini Sudah Terancam Punah

Bezoar Babi

Sumber: Youtube

Bezoar adalah sebuah batu yang tersangkut di saluran pencernaan yang berisi gumpalan rambut dan bahan-bahan yang tidak dapat dicerna. Bezoar sendiri berfungsi untuk membersihkan tubuh dari racun, dan bernilai sangat mahal karena kelangkaannya. Dan siapa sangka, bagian tubuh hewan yang satu ini berhasil ditemukan oleh seorang penduduk di China, yakni Bo Chunlou, yang mana ia menjadi orang yang sangat beruntung. Pasalnya, ia menemukan bezoar sepanjang 10,16 cm dengan lebar 6,8 cm di kantong empedu seekor babi pada Agustus lalu.

Proses menemukan bezoar ini pun tidak disengaja, yang mana pada saat itu ia memotong seekor anak babi berumur 8 tahun seberat 250 kg di ladangnya di Ju County, Rizhao, Shandong, China timur. Namun sesaat menemukannya, Bo kebingungan dan menanyakan pada tetangganya. Kemudian, tetangganya mengatakan bahwa isi perut babi itu punya nilai pengobatan yang sangat besar. Merasa takut ditipu oleh tetangganya, Bo mengajak anaknya ke kota untuk menanyakan hal tersebut kepada para ahli. Pasangan ayah-anak itu diberi tahu bahwa harga pasar untuk bezoar babi dengan ukuran tersebut mencapai 450 yuan atau setara 8 miliar. Woah!

Muntahan Ikan Paus

Sumber: Bintang

Muntahan paus ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat parfum, dan kerap dijual denga harga yang cukup fantastis. Untuk satu bongkahannya, bisa dikenakan seharga puluhan bahkan ratusan juta, tergantung berat dari muntahan ikan paus itu sendiri. Jika Anda sedang berenang di pinggir ataupun tengah laut dan melihat sesuatu yang mengapung, sebaiknya ambil lalu tanyakan pada ahli apakah ini muntahan ikan paus atau bukan. Sebab, muntahan ikan paus ini nyatanya berhasil ditemukan oleh seorang nelayan, yakni Sukadi, di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Ia menemukan 200 kilogram benda mengapung di tengah Samudra Hindia yang diduga muntahan (Ambergris) ikan paus, pada 2 November 2017.

Kopi Luwak

Sumber: thehealthsite

Untuk yang satu ini, mungkin Anda sudah tidak asing lagi. Sama halnya dengan sarang walet, kopi luwak memiliki harga yang begitu mahal tergantung permintaan pasar. Proses pembuatannya pun terbilang sedikit menjijikkan, yaitu luwaknya memakan biji kopi terlebih dahulu, baru setelah itu kotorannya diambil dan lalu diproses kembali. Dengan proses yang lama inilah, yang menyebabkan kopi luwak dibanderol dengan harga fantastis.

Nah, itulah 4 bagian dari tubuh hewan yang berharga sangat fantastis. Kira-kira, manakah dari keempat hal tersebut yang ingin Anda miliki?

Beri komentar Anda tentang artikel ini