Spending Fast: Lakukan Ini Kalau Kamu Memutuskan untuk Puasa Belanja

Spending fast atau puasa berbelanja merupakan salah satu cara efektif untuk berhemat. Bagi sebagian orang, puasa belanja juga merupakan solusi untuk melunasi utang. Namun, melakukan puasa belanja haruslah dilakukan dengan komitmen penuh agar tujuannya bisa tercapai.

Puasa belanja berarti tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang penting.

Hanya saja, seringkali kita tidak memiliki komitmen untuk berhemat. Akibatnya, upaya penghematan apapun yang kita lakukan menjadi sia-sia. Nah, untuk itu, berikut ini beberapa tips agar puasa belanja bisa benar-benar menghemat pengeluaran bulananmu.

Carilah Alasan Kuat untuk Puasa Belanja

Putuskan apa alasanmu untuk melakukan puasa belanja. Apa tujuanmu untuk berhemat? Apakah kamu ingin memperbanyak tabungan? Atau kamu memiliki tujuan lain seperti ingin berlibur, membeli barang mewah atau melunasi utang?

Alasan yang tepat akan membuatmu memiliki motivasi yang kuat. Dengan motivasi yang kuat maka tujuanmu untuk berhemat akan tercapai.

Buatlah Daftar Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan merupakan hal-hal yang harus dipenuhi. Seringkali jika kebutuhan tidak dipenuhi, masalah lain akan muncul. Sementara, keinginan merupakan hal-hal yang ingin dimiliki meski tidak terlalu mendesak pemenuhannya.

Baca Juga: Milenial, Yuk Belajar Mengelola Gaji Pas-Pasan Biar Nggak Boros

Dengan membuat daftar kebutuhan dan keinginan, kamu akan lebih mudah mengalokasikan pengeluaran harian, mingguan atau bulananmu.

Hindari Balas Dendam

Setelah kamu melakukan puasa belanja di minggu atau bulan ini, jangan lakukan balas dendam dengan berbelanja besar-besaran di minggu atau bulan berikutnya. Kalau dilakukan, maka tujuanmu tidak akan tercapai.

Demikan juga jika kamu memutuskan untuk melakukannya di minggu atau bulan depan, jangan membebaskan dirimu dengan belanja besar-besaran di minggu atau bulan ini.

Mulailah dari Weekend

Jika rutin dilakukan, puasa belanja cukup efektif mengurangi pengeluaran. Namun, latihlah dirimu dengan berpuasa belanja saat weekend, Jika mulai terbiasa, tingkatkan dengan melakukannya selama seminggu penuh. Selanjutnya, kamu bisa melakukannya untuk sebulan dan setahun.

Kurangi Kebutuhan dan Hindari Godaan

Dari daftar kebutuhan yang kamu miliki, sebisa mungkin, cobalah untuk mengurangi jumlahnya. Alternatifnya, kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Semisal, kurangi tagihan listrik dengan mengurangi pemakaian peralatan elektronik.

Kamu juga harus menghindari godaan seperti ajakan teman untuk ngopi bareng, info diskon belanja, atau promo buy one get one. Dengan begitu, kamu akan disiplin menjalankan puasa belanja.

Nah, dengan menjalankan beberapa tips di atas, program puasa belanjamu tidak akan terganggu. Dengan begitu, tujuanmu untuk berhemat akan tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here