Punya Passion Lain di Luar Pekerjaan? Jangan Segan Beritahu Atasan

Punya Passion Lain di Luar Pekerjaan? Jangan Segan Beritahu Atasan

Perang talent (talent war) menjadi perdebatan dan sumber permasalahan dalam ranah Human Resources (HR). Perang talent disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan atas sebuah profesi, namun tidak dibarengi dengan ketersediaan talent yang memenuhi kualifikasi.

Sederhananya, kualitas dan kuantitas talent tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja.

Hal ini sedang dihadapi oleh Jakmall.com. Sebagai startup e-commerce yang sedang berkembang, kebutuhan Jakmall terhadap Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk menopang kebutuhan bisnis. Saat ini, Jakmall memiliki lebih dari 60 karyawan dan masih akan terus bertambah. Seiring dengan rencana pengembangan produk dan jangkauan.

“Kendala dalam menambah jumlah karyawan untuk bisnis rintisan, kami bersaing dengan startup yang sudah menjelma menjadi unicorn. Kandidat yang benar-benar bagus, mereka sudah menargetkan ingin melamar ke startup ternama. Kalau mau bersaing dengan startup ternama, kami harus bisa memberikan benefit yang lebih,” jelas Co-Founder Jakmall.com, Reza Aggi Prasetyo.

Memberikan added value lebih kepada karyawan, menjadi upaya Jakmall untuk mempertahankan karyawan yang sudah bergabung dan berkontribusi bagi perusahaan. Nilai-nilai perusahaan diterapkan begitu cair, sehingga seluruh karyawan dapat menerapkan.

Karyawan Jakmall diarahkan agar memiliki visi yang jelas baik untuk dirinya sendiri maupun perusahaan. Sehingga, karyawan Jakmall didorong untuk menemukan passionterlepas dari job description yang dilakukan. Karyawan yang mau berkembang kemungkinan akan sesuai dengan nilai dan budaya perusahaan.

“Kami mendukung potensi dari setiap karyawan. Misalnya, kami melihat ada seorang karyawan yang cakap mengerjakan pekerjaannya tetapi ingin mencoba untuk mendalami pekerjaan lain atau memiliki passion lain. Kami sangat mendukung hal tersebut, selama bisa berkembang baik untuk dirinya sendiri maupun untuk perusahaan,” katanya.

Punya Passion Lain di Luar Pekerjaan? Jangan Segan Beritahu Atasan
Semangat karyawan menjadi motivasi agar bisnis terus berkembang

Baca Juga: Work At Kulina: Tim Kecil dengan Passion yang Besar

Reza pun mengalami hal tersebut selama menjalani kariernya di Jakmall. Dengan latar pendidikan dan pekerjaan di bidang IT, tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari hal baru. Setelah Jakmall berkembang, Reza ditantang untuk menjajal bidang lain yaitu marketing. Hingga kini, ia menjadi Chief Marketing Officer (CMO).

“Perlu waktu kurang lebih tiga bulan sampai saya sembuh dari keterkejutan karena bekerja di bidang berbeda, yang sebelumnya jauh dari bayangan saya sebagai seorang anak IT. Tetapi, saya banyak belajar dan menduduki posisi CMO saat ini. Sehingga, ketika ada karyawan yang memiliki keinginan untuk menggali passion, kami sangat mendukung,” tutur Reza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here