Digaji Tinggi, Kamu Tertarik untuk Berkarier Sebagai Product Manager?

Salah satu posisi yang paling sering dilamar oleh kandidat karyawan saat ini adalah associate product manager. Dengan berposisi sebagai associate product manager, kamu punya kesempatan untuk bisa menjadi seorang product manager.

Product manager atau manajer produksi merupakan posisi manajemen di level menengah. Posisi ini menawarkan gaji yang cukup besar. Faktor gaji merupakan salah satu alasan mengapa posisi tersebut sangat diminati.

Tidak hanya itu, karier manajer produksi juga menjanjikan lho. Seorang manajer produksi punya peluang untuk mengisi posisi senior project manager atau manajer produksi senior.

Peran & Tanggung Jawab Product Manager

Mungkin kamu pernah bertanya, siapa sih yang menghasilkan produk atau layanan dari sebuah perusahaan. Jawabannya adalah manajer produksi. Posisi ini melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan dirilisnya sebuah produk/layanan. Mulai dari perencanaan, perilisan dan evaluasi.

Saat melakukan perencanaan, produk/layanan yang akan dihasilkan tentunya harus sesuai dengan visi perusahaan. Produk yang ingin dihasilkan juga harus sesuai dengan pasar atau bisa diterima oleh pasar. Selain itu, seorang manajer produksi bertanggung jawab mengawasi proses produksinya.

Baca Juga: Milenial, Mendapatkan Gaji Dua Digit Tak Sesulit yang Dikira Lho

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Untuk menjadi manajer produksi ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki. Baik hard skill maupun soft skill. Di antaranya, kemampuan riset dan analisa data, marketing, kemampuan dasar manajemen, manajemen operasional dan desain produk.

Untuk soft skill, seorang manajer produksi diharapkan memiliki kemampuan memimpin, memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan tepat.

Berapa Sih Gaji Seorang Manajer Produksi?

Gaji manajer produksi di Indonesia berkisar antara Rp8 juta hingga Rp15 juta. Cukup besar bukan? Nah, bagi yang sedang melamar kerja, kamu bisa menjadikan angka tersebut patokan untuk negosiasi gaji. Tapi, jangan lupa, perusahaan juga mempertimbangkan faktor pengalaman kerja.

Kalau bekerja dengan baik dan berprestasi, kamu bisa diangkat menjadi senior product manager. Gajinya berkisar di atas Rp15 juta.

Tapi, kalau ingin merintis karier dari bawah, kamu juga bisa melakukannya. Sebelum menjadi manajer produksi, kamu bisa mengisi posisi sebagai associate product manager atau asisten manajer produksi. Untuk posisi ini, gajinya berkisar antara Rp5 juta hingga Rp7 juta.

Umumnya, manajer produksi bertanggung jawab pada satu produk. Tugasnya dibantu oleh para associate. Sedangkan manajer produksi senior tugasnya mengawasi tim yang bekerja di bawahnya.

Nah, bagaimana, kamu tertarik untuk melamar kerja sebagai product manager? Kalau tertarik, pastikan kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan agar bisa diterima dan bekerja dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here