9 Berkas Penting yang Wajib Dilampirkan Saat Melamar Kerja

berkas penting
sumber: blogspot

Pada intinya berkas surat lamaran kerja yang lengkap akan memberikan kesan positif kepada Anda sebagai pelamar kerja. Berkas surat lamaran kerja yang lengkap akan membuka peluang Anda agar bisa diterima di perusahaan yang Anda lamar. Berikut ini ada beberapa berkas penting yang harus Anda sertakan bersama surat lamaran kerja.

Berkas Penting yang Wajib Dilampirkan Saat Melamar Kerja

Surat Lamaran

surat lamaran

Surat lamaran menjadi hal yang utama pada saat Anda akan melamar kerja ke perusahaan atau instansi. Surat lamaran kerja ini diletakan pada posisi paling depan. Tujuan dari surat lamaran kerja sendiri adalah sebagai media untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari pelamar. Surat lamaran kerja yang baik adalah dibuat dengan secara singkat, padat namun jelas.

Surat Lamaran Kerja Ditulis Tangan atau Diketik?

diketik

Biasanya sebuah perusahaan atau instansi sudah memiliki standar tersendiri untuk penulisan lamaran kerja. Namun saat ini, mayoritas perusahaan lebih menerapkan sistem ketik karena hasil akhirnya akan terlihat lebih rapi.

Daftar Riwayat Hidup

daftar riwayat hidup

Surat yang satu ini berisi informasi mengenai data diri pelamar secara detail, mulai dari nama lengkap hingga riwayat pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan beberapa situs untuk mendapatkan informasi bagaimana menulis daftar riwayat hidup yang lengkap.

Fotocopy KTP dan Pas Photo

fotokopi ktp
Sumber: cermati

Berkas ini wajib ada pada saat Anda memberikan lamaran ke sebuah perusahaan, pada umumnya ukuran yang akan diminta 4 x 6 2 lembar.

Fotocopy Ijazah yang Sudah Dilegalisir

fotokopi izajah
Sumber: deviantart

Foto copy ijazah yang sudah dilegalisir akan membuat penerima surat lamaran kerja mempercayai bahwa Ijazah yang Anda berikan memang asli. Apabila Anda belum mendapatkan ijazah dari lembaga pendidikan yang Anda tempuh, Anda bisa menggunakan surat keterangan kelulusan dan transkip nilai yang telah dilegalisir.

Sertifikat Pelatihan Tertentu

sertifikat pelatihan
Sumber: pohondesain

Berkas ini akan menjadi berkas pendukung bagi Anda. Terlebih lagi jika sertifikat yang Anda miliki masih berhubungan dengan profesi yang Anda lamar di perusahaan tersebut.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Sumber: ardisaz

Surat ini merupakan surat penting bagi Anda. Karena surat ini menerangkan bahwa Anda tidak pernah terlibat tindakan kriminal apapun. Surat SKCK bisa Anda urus di Polsek atau  Polres sesuai dengan wilayah SKCK tersebut akan digunakan.

Kartu Kuning atau AK 1

Kartu Kuning atau AK 1
Sumber: informasibumncpns

Kartu pencari kerja atau biasa disebut dengan kartu kuning bisa Anda dapatkan di Depnaker atau Disnakertrans terdekat. Anda tidak akan dipungut biaya apapun pada saat membuat kartu ini. Dengan menggunakan kartu ini, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat
Sumber: 4shared

Surat ini wajib Anda sertakan bersama surat lamaran kerja, karena dengan adanya surat ini pihak penerima akan mengetahui kondisi kesehatan Anda. Surat kesehatan ini bisa Anda dapatkan dari puskesmas atau Dokter. Surat keterngan sehat ini biasanya akan menginformasikan mengenai tinggi badan, tekanan darah dan riwayat kesehatan.

Surat Keterangan Kerja

Surat Keterangan Kerja
Sumber: desimasi

Dengan mencantumkan pengalaman kerja, Anda akan mendapatkan nilai plus dari perusahaan. Terutama pengalaman kerja yang Anda miliki sesuai dengan yang mereka inginkan. Surat keterangan kerja ini merupakan bukti formal bahwa Anda memang pernah bekerja di perusahaan, instansi atau lembaga tersebut. Dengan demikian perusahaan yang Anda lamar akan semakin yakin untuk memilih Anda menjadi salah satu karyawannya.

Biasanya perusahaan akan memberikan syarat apa saja yang harus Anda lampirkan bersama surat lamaran kerja, tentunya dengan standar yang berbeda.

Demikian uraian mengenai berkas penting yang wajib dilampirkan saat melamar kerja.

Semoga berhasil!