Berkenalan dengan Konsep Insurtech yang Mulai Hits di Indonesia

mengenal konsep insurtech
Sumber : Trulioo

Kehadiran financial technology (fintech) jelas sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia kelas menengah ke atas. Proses meminjam dana bisa dilakukan secara cepat dan praktis dalam hitungan jam. Kini, ada perkembangan konsep baru yang masih berkaitan dengan dunia fintech, yaitu insurance technology atau insurtech.

Insurtech dapat didefinisikan sebagai konsep asuransi yang berkaitan dengan kecanggihan teknologi dan hal-hal teknis lainnya.

Ada beberapa komponen insurtech yang menyerupai fintech. Sehingga kehadirannya diharapkan menjadi inovasi baru yang lekas dikenal dan dimanfaatkan masyarakat.

Mulai Diperkenalkan kepada Khalayak Ramai

Sumber : Sight Call

Saat ini, sudah ada beberapa e-commerce yang menjual produk asuransi secara online (misalnya Futuready dan Pasar Polis). Sehingga tak ada alasan lagi untuk menunda kepemilikan asuransi dengan alasan kesibukan. Beberapa proses berikut ini akan dilakukan secara online demi memberikan kemudahan bagi masyarakat:

  • Pengenalan karakteristik produk asuransi
  • Evaluasi dan verifikasi data calon nasabah
  • Proses pembelian polis dan pembayaran premi

Semua urusan tersebut bisa diselesaikan via email nasabah. Apalagi saat ini biasanya akun email juga langsung diintegrasikan dengan smartphone. Sehingga prosesnya dapat dilakukan secara real time dalam waktu singkat.

Baca Juga: Saatnya Mengandalkan SBR untuk Mendapat Keuntungan Maksimal

Belum Ada Regulasi tentang Insurtech

Sumber : Flux Trends

Karena masih tergolong sangat baru di tanah air, regulasi tentang insurtech masih belum diatur terhitung hingga Februari 2019. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menyusun regulasi dan ketentuan lainnya yang berkaitan dengan konsep asuransi tersebut. Sehingga calon nasabah bisa mempelajari regulasinya dan memperoleh perlindungan sebelum memutuskan untuk memiliki insurtech. Di samping itu, keterlibatan Direktoral Jenderal Pajak juga dibutuhkan untuk meluncurkan meterai digital (e-stamp). Agar kesepakatan yang ditandatangani dalam polis berlaku secara sah di mata hukum.

Masyarakat Harus Cermat Melakukan Perbandingan

Sumber : Business World

Kemudahan untuk mengurus asuransi harus diimbangi dengan kecermatan masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat harus meluangkan waktu untuk melakukan perbandingan sebelum menentukan pilihan asuransi. Saat ini, informasi mengenai asuransi bisa diperoleh secara mudah melalui dunia maya. Jadi, Anda pun harus teliti mengamati testimoni dan informasi lainnya tentang suatu produk asuransi. Sehingga Anda bisa berlangganan asuransi yang manfaat proteksinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rutinitas yang super padat kini tak jadi halangan untuk memiliki asuransi berkualitas. Sudah ada konsep insurtech yang bisa Anda manfaatkan dalam waktu dekat. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu demi memilih yang terbaik bagi diri sendiri dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here