Bermain Game PUBG Ternyata Bikin Produktivitas Kerja Meningkat

Bermain Game PUBG Bikin Produktivitas Kerja Meningkat
Source: bgr

Studi yang dilakukan oleh sebuah universitas di Amerika menyimpulkan bahwa bermain game PUBG dan Fortnite mampu meningkatkan produktivitas kerja.

PUBG, Fortnite dan Halo 4 menjadi judul game yang digunakan oleh Brigham Young University (BYU) untuk mencari tahu apakah aktivitas bermain game berpengaruh pada produktivitas kerja. Ketiga game tersebut memiliki fitur dimana seorang pemain bisa menjadi anggota dari sebuah tim untuk bertahan hidup sampai akhir permainan.

Hasil studi yang dirilis di jurnal AIS Transactions on Human-Computer Interaction tersebut menyimpulkan bahwa bermain game selama 45 menit mampu meningkatkan produktivitas sebesar 20%.

Bermain Game PUBG Tingkatkan Skor Produktivitas

Bermain Game PUBG Tingkatkan Skor Produktifitas
Foto: ndtv

Dilansir Kompas, studi yang dilakukan Brigham Young University melibatkan 325 orang responden. Para responden tersebut kemudian dibagi menjadi puluhan kelompok. Selanjutnya mereka diminta untuk memecahkan teka-teki.

Setelah selesai, para responden diminta memilih satu dari tiga aktivitas yang dilakukan usai menyelesaikan teka-teki. Ketiga pilihan aktivitas tersebut adalah diskusi kelompok yang berorientasi pada target, bermain game secara kelompok dan mengerjakan pekerjaan rumah secara sendiri-sendiri.

Setelah selesai menyelesaikan aktivitas pilihannya, para responden diminta untuk kembali menyelesaikan teka-teki.

Dari rangkaian eksperimen tersebut disimpulkan, pada kelompok yang melakukan aktivitas diskusi ditemukan bahwa tingkat kekompakan mereka meningkat. Sedangkan pada kelompok yang bermain game PUBG, Fortnite dan Halo 4 diketahui skor produktivitas mereka meningkat dari 435 menjadi 520.

“Bermain video game dengan tim kerja benar-benar alternatif yang layak dan optimal untuk membangun kerja sama tim,” ujar salah seorang peneliti di BYU.

Baca Juga: Membedah Vikendi, Map Baru Bersalju di PUBG versi 10.0

Foto: technotification

Hasil studi BYU juga menyimpulkan bahwa seseorang tidak perlu menjadi ahli untuk bermain game jika ingin produktivitasnya meningkat. Para newbie justru berkomunikasi dan bekerjasama lebih baik saat memainkan game yang baru dikenal.

Bermain video game nampaknya bukan hanya berefek positif bagi produktivitas kerja. Sebuah studi lain yang belum lama ini dilakukan oleh Universitas Oberta de Catalunya, Barcelona dan Massachusetts General Hospital, Boston menyimpulkan bahwa bermain video game juga meningkatkan kepedulian dan berefek positif pada memori jangka panjang.

Kendati demikian, hasil studi tersebut juga menyimpulkan bahwa seseorang yang mengalami ketagihan bermain game mengalami perubahan struktural pada sistem syarafnya. Perubahan tersebut kerap terlihat pada orang-orang yang mengalami ketagihan karena faktor lain.

Khusus PUBG, game bergenre battle royale tersebut setidaknya sudah pernah dimainkan oleh 400 juta orang, dengan jumlah unduhan sebanyak 240 juta unduhan (Playstore dan App Store). China merupakan negara dengan pemain terbanyak yang bermain game PUBG di perangkat mobile (33%), disusul oleh Amerika (11%) dan India (8%). Pada pertengahan tahun lalu, terhitung lebih dari 80 juta orang bermain game PUBG setiap bulannya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here