Meghan Markle Ingin Besarkan Archie Secara Vegan, Amankah?

Semenjak dikabarkan melahirkan seorang putra bernama Archie Harrison Mountbatten-Windsor, 6 Mei 2019 lalu, pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry tak pernah lepas dari sorotan media. Teranyar, bayi Archie dikabarkan akan dibesarkan berbeda dari bayi-bayi kerajaan Inggris lainnya. Apa bedanya?

Archie direncanakan hanya akan mengonsumsi makanan vegan. Berita ini dikabarkan oleh New York Post, lantaran melihat Meghan Markle seorang vegan. Namun, bagaimana dengan komentar dari Ratu Elizabeth II, selaku buyut Archie? Dan yang terpenting, apakah hal ini aman?

Bisakah Bayi Dibesarkan Secara Vegan?

Dalam empat hingga enam bulan pertama, bayi Archie kemungkinan hanya akan mengkonsumsi ASI atau susu formula vegan yang cukup langka untuk didapatkan. ASI tentu saja tidak secara teknis vegan, tetapi jika Meghan Markle mengikuti pola makan vegan, Archie secara teknis akan menjadi vegan juga.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa hal ini aman. Eliza Savage, RD seorang ahli nutrisi asal Middleberg Nutrition, New York City, mengatakan bahwa seorang ibu yang menyusui tidak perlu mengubah pola makannya dengan cara apapun selama ia mendapatkan jumlah B12, zat besi, protein, vitamin D, kalsium dan seng yang cukup. Ini merupakan nutrisi yang wajib selalu diutamakan oleh para vegan, bahkan jika ia tidak sedang menyusui.

Meghan Markle harus berupaya optimal untuk memastikan ia dan bayinya mendapatkan nutrisi yang cukup. Bahkan jika diperlukan, Meghan Markle disarankan untuk menambah nutrisi melalui suplemen atau cara alami lainnya. Misalnya, rajin berjemur di pagi hari guna mendapatkan asupan Vitamin D, atau mineral dari susu.

Selama membesarkan Archie, Meghan Markle juga wajib memenuhi kebutuhan DHA dan asam lemak omega 3 untuk membantu perkembangan otak anaknya. Hal ini perlu diutamakan sebab nutrisi ini hanya didapatkan dalam jumlah kecil dalam makanan nabati.

Baca Juga: Hati-Hati, 4 Makanan Vegan Ini Ternyata Kurang Baik untuk Tubuh

Ketika Sudah Makan Sendiri, Bolehkah Meghan Markle Tetap Memberi Archie Makanan Vegan?

Masih menurut Eliza Savage, hal ini mungkin rumit. Sebab pola makan vegan bisa menjadi tantangan bagi bayi, dan mereka mungkin tidak mendapatkan cukup protein, zat besi, kalsium, seng, yodium, dan vitamin B12 dan D yang cukup dari makanan nabati. Apalagi hal ini juga akan cukup sulit bagi orangtua yang tengah menerka-nerka makanan yang bayi sukai karena tidak sedikit bayi yang cukup pemilih dalam makanan.

Agar tumbuh dengan optimal, Meghan Markle disarankan untuk memberikan Archie beberapa jenis makanan seperti daging, ikan, telur, susu, dan sayuran berdaun gelap. Pola makan vegan pun perlu diwaspadai karena akan menyulitkan pencernaan bayi akibat tingginya serat.

Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Hari

Intinya, Eliza Savage menyatakan bahwa pola makan vegan tidak ideal untuk anak-anak, dan ia menyarankan untuk tidak melakukannya. Begitu seorang anak cukup umur untuk memilih cara makan mereka, maka Anda dapat mempertimbangkan pola makan vegan untuk mereka. Namun, penting diingat bahwa pola makan vegan mungkin merugikan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here