Wajib Tahu! 5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Tanah Air

biaya hidup termurah
Sumber : Travel Developer

Pekerjaan sebagai seorang digital nomad memang sedang tren selama beberapa tahun belakangan ini. Anda yang berprofesi sebagai freelancer dengan sistem kerja remote bisa mencobanya bila memiliki budget yang cukup. Mulailah berpetualang di tanah air. Singgah dan tinggallah sejenak di beberapa kota dengan biaya hidup termurah.

Kalau Anda tinggal di ibu kota atau daerah penyangga di sekitarnya, Anda pasti takjub dengan biaya hidup termurah di kota-kota ini

Kediri

Sumber: Merdeka

Kota di kawasan Jawa Timur ini ternyata merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Anda masih bisa mendapatkan nasi Padang seharga Rp 10.000. Sedangkan makanan mengenyangkan lainnya dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 6.000 saja. Kediri juga memiliki kampung Inggris di daerah Pare. Di kampung tersebut, Anda bisa menyempurnakan kemampuan berbahasa Inggris dengan berinteraksi dan mengikuti berbagai pelatihan. Sudah banyak karyawan dan mahasiswa yang belajar intensif di Kampung Pare demi mendapatkan peluang beasiswa ke luar negeri.

Baca Juga: Mengapa Anda Tak Harus Bekerja di Ibu Kota agar Bisa Sukses?

Solo

Sumber: Traveling Yuk

Solo adalah kota asal presiden ketujuh RI, Joko Widodo. Kota yang satu ini memang terkenal nyaman dan ramah bagi para wisatawan. Para digital nomad juga gemar tinggal di kota ini karena biaya hidup yang sangat murah. Anda masih bisa menemukan nasi kucing seharga Rp 1.500 di Solo. Untuk urusan transportasi, ada angkot dan bus Solo Trans yang tarifnya tak sampai Rp 5.000 pada tahun 2018. Jadi, tak mengherankan kalau kota ini mendapatkan predikat sebagai salah satu kota ternyaman dengan biaya hidup termurah.

Yogyakarta

Sumber: Eljohn News

Ketika mendengar kata Yogyakarta, Anda pasti langsung teringat dengan suasananya yang nyaman. Kawasan yang dijuluki kota pelajar ini memang memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Dengan uang sebesar Rp 5.000 saja, Anda bisa mendapatkan satu porsi makanan yang nikmat dan mengenyangkan. Biaya sewa hotel, kamar kost, dan penginapan di Yogyakarta juga sangat terjangkau. Bonusnya, Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata gratis selama tinggal di kota tersebut.

Sibolga

Sumber: Kompasiana

Kalau Anda ingin tinggal di Pulau Sumatera, Anda bisa memilih Kota Sibolga. Karena kota yang terletak di kawasan Sumatera Utara ini juga punya keistimewaan yang luar biasa. Selain menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termurah, suasana alamnya juga masih alami dan asri. Cocok bagi Anda yang membutuhkan ketenangan saat bekerja. Para penduduk Sibolga biasanya menghabiskan biaya hidup tak lebih dari 1,5 juta rupiah per bulan untuk gaya hidup sederhana.

Cirebon

Sumber: Traveling Yuk

Kota Cirebon memang belum memiliki banyak universitas. Namun, suasana kotanya cocok bagi Anda yang bekerja sebagai digital nomad. Banyak makanan khas Cirebon yang dibanderol dengan harga murah. Anda juga bisa mengunjungi berbagai pantai dan objek wisata lainnya ketika ingin menikmati aktivitas santai. Bonusnya, banyak oleh-oleh makanan bercita rasa lezat yang bisa Anda bawa pulang setelah menikmati suasana bekerja di kota ini.

Di antara kelima kota dengan biaya hidup termurah tersebut, manakah yang paling menarik perhatian Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here