Sedih Menjelang Ulang Tahun? Mungkin Kamu Mengalami Birthday Blues!

Sumber : Sovcal

Ulang tahun identik sebagai peristiwa yang menyenangkan. Pasti kamu hepi dong diberi kejutan dan hadiah oleh orang-orang terdekat. Apalagi jika hadiah dan perayaannya di luar dugaan kamu. Namun, tak sedikit orang yang merasa sedih dan galau menjelang ulang tahun. Nah loh! Kondisi ini dikenal dengan istilah birthday blues.

Apa sih birthday blues itu? Yuk simak ulasan lengkapnya untuk menambah pengetahuan kamu.

Birthday Blues Dialami Banyak Orang

Sumber : Business Business Business

Sederhananya, birthday blues bisa didefinisikan sebagai perasaan galau, sedih, bahkan depresi menjelang atau bertepatan pada hari ulang tahun. Fenomena ini sebenarnya dialami banyak orang. Karena mayoritas orang merasa agak stres menghadapi pertambahan usia.

Situasinya semakin parah bila seseorang melakukan refleksi terhadap pencapaian hidup. Target-target yang tidak tercapai ketika menyentuh usia tertentu rentan menyebabkan stres. Jika tidak ditangani secara serius, bisa rentan menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental. Bahkan, ada penelitian yang menyatakan birthday blues juga meningkatkan risiko meninggal dunia. Gawat!

Mari Memerangi Perasaan Negatif di Hari Ulang Tahun

me time di kantor
Sumber : Asian Efficiency

Meskipun banyak orang mengalami birthday blues, jangan sampai kamu juga mengalaminya. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memerangi perasaan negatif di hari ulang tahun:

Menghabiskan Momen Bahagia bersama Orang Terdekat

Kecenderungan untuk depresi dan menyendiri akan semakin kecil kalau kamu menghabiskan momen bahagia bersama orang terdekat. Jadi, berkumpullah dengan keluarga dan sahabat. Nikmati hari ulang tahun dengan cara istimewa supaya kamu lebih bahagia.

Baca Juga: Mengapa Setiap Ulang Tahun Harus Ada Tradisi Meniup Lilin? Inilah Penjelasannya

Menyisihkan Rezeki untuk Orang-Orang yang Membutuhkan

Merayakan ulang tahun tak harus selalu dilakukan dengan cara yang meriah dan boros. Jika kamu mau, bisa loh melakukan bakti sosial atau berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang membutuhkan. Cara ini akan membuat kamu bahagia karena merasa kehadiranmu bermanfaat bagi orang lain.

Melakukan Hal-Hal yang Kamu Sukai

Sederhana, Inilah Caranya Melihat Orang Berpikiran Terbuka Atau Tidak!
Sumber: Pexels

Mungkin selama ini kamu terlalu sibuk mengurus pekerjaan atau bisnis. Jika iya, sebaiknya kamu meluangkan waktu satu dua hari pada hari ulang tahunmu. Lakukanlah hal-hal yang kamu sukai supaya merasa lebih rileks. Kamu dapat memanfaatkan waktu untuk me time atau berlibur bersama orang-orang terdekat.

Memulai Kebiasaan Bersyukur

Kedekatan Dengan Sang Esa Berkat Ibadah dan Kesungguhan Selama Ramadhan
Sumber : Pixabay

Menentukan target hidup memang baik untuk memaksimalkan kemampuan. Tetapi, jangan sampai target tersebut malah membuat kamu stres. Jangan lupa mengimbangi target-target hidup dengan kebiasaan bersyukur. Hidup akan terasa lebih menyenangkan bila kamu selalu mensyukuri segala pencapaian.

So, jangan biarkan birthday blues menganggu kesehatan dan kenyamananmu, ya. Sambutlah hari bahagia dengan positive thinking agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here