[TANYA JAWAB] CEO Warung Pintar: Bisnis Berkelanjutan bagi UMKM

Warung Pintar
Co-Founder & CEO Warung Pintar, Agung Bezharie Hadinegoro

Meningkatkan kemampuan bisnis bagi para pemilik warung, merupakan salah satu visi Warung Pintar hadir ke tengah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tak hanya menjalankan bisnis, Warung Pintar memiliki nilai sosial yang menjadi bagian dari DNA perusahaan.

Agung Bezharie Hadinegoro, merupakan salah satu pendiri dan CEO Warung Pintar yang menjadi man behind the show tumbuhnya startup yang rilis sejak tahun 2017 ini. Sebagai anak muda yang masih memiliki banyak ambisi untuk dipenuhi, alumnus Insititut Teknologi Bandung ini mengaku banyak belajar dari bisnis dan tim yang dibentuknya.

Wawancara Job-Like Magazine dengan Co-Founder & CEO Warung Pintar, Agung Bezharie Hadinegoro

Halo, Agung. Apa hal yang membuat Agung yakin bahwa bisnis Warung Pintar ini bisa berjalan pada saat awal didirikan?

Kembali lagi ke tujuan, visi, dan misi Warung Pintar sebenarnya. Kami ingin menciptakan golden standard untuk bisnis mikro di Indonesia. Jadi, never ending learning process terhadap apa yang kami lakukan semata-mata untuk menjadi solusi bagi para pelaku bisnis mikro di Indonesia.

Sepanjang berjalannya bisnis ini, apa pencapaian yang paling berkesan bagi Warung Pintar?

Value yang ingin kami tumbuhkan sebenarnya ingin mengubah hidup pelaku UMKM menjadi lebih baik. Itu yang menjadi DNA bisnis kami. Jadi, selain bertambahnya mitra perusahaan FMCG dan mitra Warung, kita ingin membantu lebih banyak orang. Ada yang ingin buka usaha tetapi tidak tahu caranya bagaimana, jadi bisa buka usaha. Ada yang sudah buka usaha tapi mentok, mereka jadi punya kesempatan untuk berkembang bersama Warung Pintar. Our biggest achievement, kalau dengan angka kami sudah memiliki 1.150 mitra warung. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tetapi kami ingin memberikan dampak positif yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Bukan hanya create transaction, bukan hanya jualan produk FMCG untuk pasokan warung, tetapi bagaimana kita membuat bisnis yang berkelanjuan bagi UMKM. Kita harus mulai untuk membuat ekosistem mulai dari supply chain, business tools, dan sebagainya. Kita pikirkan bagaimana caranya mereka bisa membuat sebuah bisnis yang berkelanjutan dan terus bertumbuh. Itu lebih penting bagi kami.

Baca Juga: Menaikkan Kelas Pedagang Warung Bersama Warung Pintar

Sejauh ini bagaimana Warung Pintar berjalan bersama dengan investor?

Saya sering merasa terkadang terminologi investasi pada startup sering diartikan baik oleh masyarakat, media, atau startup founder yang baru mulai sebagai sebuah prestasi. Kesannya menjadi sesuatu yang kita kejar. Padahal kalau menurut kami, investasi itu justru menjadi bagian dari perjalanan bisnis dimana kami bekerja sama dengan orang-orang yang secara profesional melakukan investasi. Kami selalu menganggap investor sebagai bagian dari Warung Pintar bukan bos atau orang lain. Investor is a part of company dan kita selalu ambil investor yang benar-benar punya keterampilan, mencurahkan apa yang ia ingin berikan, dan menambah added value untuk Warung Pintar.

Kalau dilihat-lihat, Warung Pintar memang menitikberatkan pada dampak sosialnya ya? Di samping berjalannya bisnis?

Menurut kami semua bisnis harus punya social valueSocial value is part of our DNA. Tetapi bukan berarti kami fokus di social value dan melupakan keberlanjutan bisnisnya. Yang kami lakukan adalah business partnership. Social value-nya boleh besar tetapi kita juga harus menciptakan keberlanjutan bagi bisnisnya.

Kalau Warung Pintar sendiri, bagaimana cara membuat business sustainability beriringan dengan social mission?

Sebenarnya jalani aja sih. Kami membangun bisnis ini bukan hanya untuk setahun dua tahun saja kan. Kami mulai dengan memperbaiki produknya, partnership-nya, dan relation-nya. Kami yakin, ketika kami memberikan yang terbaik, maka akan banyak orang yang suka dengan apa yang kami tawarkan.

Baca Juga: Cerita Peter Shearer, Juragan Warteg yang Berani Wujudkan Mimpi

Di tahun-tahun yang akan datang, apa yang ingin dicapai oleh Warung Pintar?

Kami ingin menambah nilai tambah pelayanan warung-warung yang ada. Saya rasa masih banyak potensi yang harus kita kembangkan untuk Warung Pintar. Misalnya, apa lagi yang bisa kita jual di warung, bagaimana caranya warung supaya bisa mendapat revenue lebih banyak, dan sebagainya.

Buat Agung, apa sih momen paling menarik ketika berjalan bersama bisnis ini?

Semuanya challenging, sih. Tetapi, yang paling seru buat saya pengelaman membangun perusahaan ini. Membangun visi menjadi realita. Banyak banget yang harus dikerjakan dan dihadapi sehingga banyak hal yang memungkinkan untuk salah. Menurut saya, hal yang paling seru adalah ketika saya membangun produk, tim, dan yang lainnya secara tidak sadar saya juga sedang membangun diri saya sendiri. Saya harus bisa jadi orang yang lebih dewasa dari usia yang sebenarnya. It’s good to have. Membuat hidup ini menjadi lebih berarti.

“Seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang jika ia menekuni bidang itu sampai 10.000 kali. Jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk bertanya, dan jangan takut salah. Talk less do more” 

Agung Bezharie Hadinegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here