Bisnis Barang Preloved: yang Bekas Berkualitas Kini Makin Diburu

bisnis barang preloved
Sumber : ACB Project

JOB-LIKE – Selama setahun belakangan ini, penjualan barang-barang preloved di tanah air memang meningkat. Banyak orang berburu barang-barang preloved karena harganya lebih murah dan kualitasnya pun masih istimewa. Namun, apa itu barang preloved?

Barang preloved merupakan istilah untuk menyebut barang-barang bekas yang kondisinya masih baik dan layak diperjualbelikan. Ternyata, barang preloved berupa item fashion yang sangat disukai karena produk baru biasanya dibanderol dengan harga mahal. Tren unik inilah yang mendukung perkembangan pesat bisnis barang preloved.

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Serba-Serbi Bisnis Barang Preloved? Ini Dia Ulasannya!

Generasi Milenial Cocok dengan Konsep Barang Preloved

Sumber : Immica

Ternyata generasi milenial merupakan golongan yang cocok dengan konsep barang preloved. Karena mayoritas generasi tersebut membeli barang-barang secara impulsif. Kemudian, menjualnya kembali setelah satu hingga lima kali pakai saja, terutama untuk barang-barang yang sudah kelihatan ketinggalan zaman atau ternyata kurang pas ketika digunakan.

Fenomena inilah yang menyebabkan generasi milenial cocok merintis bisnis barang preloved. Sasaran bisnis yang satu ini juga merupakan kalangan generasi milenial yang ingin berhemat. Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs Kompas, situs jual beli Thredup memprediksi pasar barang preloved akan mencapai omset senilai 41 miliar Dollar Amerika pada tahun 2022.

Tren bisnis ini juga sangat bermanfaat sebagai upaya pelestarian lingkungan. Karena barang-barang yang sudah tidak ingin digunakan masih memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga: Inilah 7 Jenis Barang yang Paling Laris dalam Bisnis Barang Antik

Tidak Membutuhkan Modal Besar

Sumber : Californi Closets

Merintis bisnis barang preloved memang tidak dibutuhkan modal besar. Bahkan, banyak pebisnis di bidang tersebut yang awalnya hanya iseng menjajakan barang preloved milik pribadi. Kalau Anda gemar menggunakan barang-barang bermerek, Anda harus merawatnya dengan cermat. Sehingga barang-barang tersebut tetap layak pakai meskipun Anda sudah bosan atau mulai ketinggalan zaman.

Barang-barang preloved yang kualitasnya masih baik bisa lekas dijual kembali. Kini, barang berupa pakaian, tas, dan aksesoris paling sering diburu di ranah bisnis barang-barang preloved. Alangkah lebih baik lagi bila bisnis barang preloved Anda menjajakan barang-barang yang terkesan timeless seperti tas kulit, jaket, dan t-shirt branded.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Sumber : Career Addict

Membahas bisnis di zaman modern tentu tak lengkap tanpa membicarakan tentang peran media sosial. Anda wajib memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi bila ingin berbisnis di bidang barang-barang preloved. Akun media sosial yang memiliki banyak followers bisa mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Biasanya, Instagram paling sering digunakan untuk mempromosikan bisnis barang preloved. Karena konten visual dan audio visual di Instagram sangat praktis untuk digunakan. Anda juga bisa membuat website bila ingin menekuni bisnis tersebut secara lebih serius.

Sudah mulai tertarik menjajaki bisnis barang bekas berkualitas?

Sekarang, mari periksa dulu isi lemari Anda. Mulailah berbisnis tanpa modal dari koleksi barang pribadi yang sudah tidak ingin Anda gunakan.

Be the first to comment

Beri komentar Anda tentang artikel ini