Ingin Punya Bisnis Kuliner tetapi Modal Terbatas? Cloud Kitchen Solusinya

Bisnis kuliner sedang booming beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin ikut mencicipi nikmatnya berbisnis kuliner. Ada banyak konsep dan jenis kuliner yang bisa dipilih. Namun, bisnis kuliner seperti apa yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil?

Salah satu penyebab bisnis kuliner menjadi booming adalah informasi yang mengalir lebih cepat. Baik melalui platform media sosial maupun lainnya. Alasan lain, sudah ada banyak layanan pesan-antar makanan.

Di sisi lain, kedua kondisi tersebut membuka kesempatan lebih lebar bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner.

Cloud Kitchen: Bisnis Kuliner dengan Modal Kecil

Cloud Kitchen adalah konsep bisnis kuliner yang hanya menyediakan dapur tanpa ada fasilitas makan di tempat. Sementara, konsumen hanya bisa melakukan order-nya lewat jalur online.

Konsep cloud kitchen bisa Anda pilih jika ingin memulai bisnis kuliner dengan modal minim. Mengingat, Anda tidak perlu menyediakan bujet untuk area makan, meja makan serta dekorasinya. Selain itu, Anda tidak memerlukan karyawan sebanyak restoran yang memiliki fasilitas makan di tempat.

Cloud Kitchen Memanfaatkan Layanan Pesan Antar Makanan

Harus diingat bahwa cloud kitchen mengandalkan order online yang masuk setiap hari untuk mendapatkan keuntungan. Karena itu, sebaiknya manfaatkan jasa layanan pesan-antar makanan agar bisnis bisa dikenal.

Beberapa perusahaan juga memperkenalkan brand bisnis kuliner kepada pengguna platform-nya. Layanan semacam ini juga bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: Bisnis Angkringan: Meraup Untung Besar dari Maraknya Tren Kuliner Tradisional

Selain itu, penting juga bagi pemilik untuk mempromosikan bisnisnya lewat jalur online. Baik melalui aplikasi, media online maupun media sosial.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kemasan makanan. Makanan haruslah dikemas sedemikan rupa agar konsumen bisa menangkap kesan dan pesan dari keberadaan sebuah brand kuliner. Namun, keamanan tetap harus dijaga. Mengingat, makanan akan diantar oleh penyedia layanan pesan-antar makanan.

Mengembangkan Bisnis Kuliner Dengan Modal Terbatas

Dalam perkembangannya, sebuah brand bisa membuka lebih banyak cloud kitchen di lokasi-lokasi lain. Hal ini bisa dilakukan jika ingin menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, cloud kitchen juga bisa menambahkan layanan take-away jika kondisinya memungkinkan.

Dalam tahapan pengembangan ini, bisnis kuliner berkonsep cloud kitchen tetap bisa mempertahankan modal yang terbatas dibandingkan jika menggunakan konsep restoran pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here