Body Pump: Olahraga untuk Badan Kencang dan Sehat

body pump

Body Pump adalah salah satu kelas kebugaraan yang dibentuk oleh Les Mills. Bagi kamu yang sudah menjadi member di tempat fitness, pasti sudah tidak asing lagi dengan kelas yang satu ini. Namun, sudahkah kamu mencobanya?

Ingin menurunkan berat badan, membentuk tubuh, hingga membasmi lemak, saat ini banyak dilakukan dengan menghitung kalori. Apalagi, semakin banyaknya produk-produk activity tracking yang dipakai di pergelangan tangan mampu memberikan data instan mengenai hasil latihan yang dilakukan. Seperti saat lari di treadmill hingga bersepeda, semua hasilnya sudah bisa dengan mudah dilihat dari layar sentuh activity tracking. 

Namun, bukan berarti salah atau tidak tepat menggunakan cara itu. Tentu saja sangat layak untuk dicoba. Namun, pernahkah kamu berpikir, apakah kamu berolahraga semata-mata hanya untuk kurus, bebas lemak, dengan hasil instan? Salah satu kunci untuk keberhasilan kamu memangkas habis lemak berlebih adalah melakukan olahraga yang seimbang, memakan asupan nutrisi yang baik, dan konsisten.

Sumber: lesmills

Membakar Kalori Sekaligus Mengencangkan Tubuh dengan Body Pump

Kelas Body Pump bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang wajib untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, kelas ini akan membuat kamu “memompa” tubuh kamu agar otot bekerja dan tubuh menjadi kencang, alias tidak kendur. Menggabungkan latihan cardio dan angkat beban dengan diiringi musik yang pastinya akan membuat pesertanya semakin bersemangat.

Baca Juga : Yuk, Menjajal Diet Thonon dan Menjadikannya sebagai Pola Hidup Sehat!

Menggunakan plates, bar, dan bench, kelas diawali dengan sesi pemanasan terlebih dahulu dengan gerakan deadlift. Body Pump untuk pemula, sebaiknya menggunakan beban plate sebesar 2.5 kg di setiap sisi untuk pemanasan. Setelah pemanasan, dilanjutkan dengan gerakan squat dengan beban di belakang bahu.

Untuk regulars, atau yang sudah biasa mengikuti kelas ini, bisa menambahkan beban dua hingga tiga kali lipat dari beban pemanasan. Namun, jika kamu seorang wanita yang baru beberapa kali mengikutinya, disarankan untuk menggunakan beban maksimal 5 kg pada kedua sisi untuk sesi squat ini.

Kamu akan merasakan otot paha bekerja. Lama kelamaan, badan akan terasa panas, walaupun ruangan kelas gym pada umumnya terasa dingin. Pada saat inilah, otot tubuh mulai berkontraksi. Jika kamu belum merasa keringat mengucur, tidak perlu khawatir akan kalori yang belum terbakar. Inilah cara olahraga yang ditawarkan oleh kelas Body Pump.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan gerakan bench press. Setiap perserta berbaring di atas bench atau papan olahraga, sambil membawa beban untuk latihan dada. Normalnya, bobot yang disarankan adalah lebih kecil dari bobot saat melakukan squat dengan beban di belakang bahu tadi. Sesuaikan dengan kekuatan tubuh kamu sendiri, karena setiap peserta memiliki level fitness yang berbeda-beda.

Tak ketinggalan juga gerakan-gerakan untuk mengencangkan otot lainnya, seperti lunges. Dikombinasikan juga dengan sedikit push up di atas bench, dan masih banyak lagi gerakan-gerakan menarik yang perlu kamu explore untuk mendapatkan tubuh kencang di kelas Body Pump ini.

Metabolisme Tubuh yang Baik dan Pembakaran Kalori Jangka Panjang

Sebuah penelitian di The New Zealand, menunjukkan beberapa tipe latihan dapat merangsang lebih besar pembakaran lemak dan memberikan respon-respon lebih sehat pada tubuh, dibandingkan hanya terpaku dengan olahraga penghitungan kalori.

Penelitian yang dipimpin oleh Nigel Harris, dari Auckland University of Technology, bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari perbedaan dalam pengurangan lemak pada tubuh, yang dihasilkan dari latihan ketahanan atau resistance training, dibandingkan dengan latihan cardio yang intens.

Singkatnya, penelitian menunjukkan bahwa olahraga Body Pump yang dilakukan selama kurang lebih 55 menit dalam satu kelas, memberikan hasil yang lebih signifikan untuk jangka panjang. Di antaranya untuk metabolisme tubuh dan pembakaran kalori jangka panjang.

Kamu melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan tubuh, tentunya berharap hasilnya dapat bertahan lama, bukan? Tubuh tetap fit, bugar, dan terlihat kencang dalam waktu lama. Olahraga Body Pump atau weight training bisa membantu kamu untuk mencapainya lebih maksimal. Namun, jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi yang baik. 100% olahraga, 0% nutrisi baik, sama aja bohong.