Membuat Bullet Journal, Apa Saja Sih Manfaatnya untuk Produktivitas?

Apakah kamu pernah mendengar metode produktivitas dengan cara membuat bullet journal? Jika ini masih menjadi hal baru untuk kamu, jangan khawatir. Bullet journal adalah pendekatan sangat personal untuk memonitor hidup kamu untuk menjadi lebih produktif.

Nah, untuk tahu lebih lanjut apa sebenarnya bullet journal dan manfaatnya, kamu bisa terus simak artikel berikut ini.

Apa Itu Bullet Journal dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan bullet journal, kamu akan memulai dengan sejumlah simbol dan buku catatan kosong (atau setara digital). Pilihan buku catatan, pena yang kamu gunakan dan bagaimana menggunakan simbolnya terserah kamu. Artinya, dengan bullet journal, alih-alih memiliki sebuah ‘sistem’, kamu memiliki beberapa praktik terbaik yang akan memandu dirimu.

Lalu, bagaimana cara membuat bullet journal? Sebuah bullet journal bekerja dengan memberikan kamu halaman kosong tiap hari. Kamu memiliki bagian janji bertemu dan bagian to-do, dan setelah itu kamu dapat menambahkan apapun yang kamu inginkan.

Pada bagian to-do, ada beberapa simbol yang akan kamu gunakan untuk menunjukan apa yang telah terjadi pada to-do ini.

  • Sebuah bullet – sebuah tugas;
  • Sebuah bullet dengan cross – tugas telah selesai;
  • Tanda hubung – menunjukkan catatan;
  • Panah maju – tugas dipindahkan ke hari lain;
  • Sebuah lingkaran – sebuah acara.

Tentu saja kamu bisa memodifikasi simbol sesuai dengan selera. Dan pada bagian atas halaman harian, kamu akan memiliki halaman indeks dan halaman kalender.

Baca Juga: 5 Manfaat Bekerja dari Rumah yang Bikin Produktivitas Meningkat

Manfaat Membuat Bullet Journal

Diketahui ada beberapa manfaat ketika kamu membuat bullet journal, yaitu,

Meningkatkan Kesehatan Mental

Aktivitas menulis jurnal memberi kamu waktu untuk refleksi, waktu untuk mengeluarkan pikiran dan waktu untuk melakukan review dan merencanakan. Cara ini akan menambahkan perspektif yang sangat diperlukan untuk hidup kamu.

Membantu Tetap Berada pada Tujuan

Membuat bullet journal dapat membantu kamu tetap berada pada proyek yang sedang dijalankan dan tujuan yang telah ditetapkan. To-do list akan memandu kamu pada hal-hal penting yang harus dilakukan tiap hari dan memberi kamu ruang untuk mengumpulkan tugas-tugas baru, peluang dan acara.

Mengembangkan Kreativitas

Membuat bullet journal juga dapat membantu untuk meningkatkan kreativitas. Memiliki halaman kosong untuk menciptakan visi tiap hari melibatkan sisi kreativitas dan semakin sering kamu menggunakan kreativitas, kamu pun akan menjadi pribadi yang kreatif.

Peluang Menuliskan tentang Cerita Hidupmu

Tiap hari kamu akan menulis beberapa kata dalam kisah hidup kamu. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu membangun sebuah kisah yang sangat unik, yaitu kisah hidup kamu. Satu alasan itu saja sudah cukup bagi kamu untuk rela membeli buku catatan yang indah dan mulai untuk menuliskan kisah hidup dan kesuksesan kamu.

Membantu untuk Fokus Mencapai Tujuan

Manfaat lainnya ketika kamu mulai membuat bullet journal adalah membantumu mencapai tujuan yang telah tertulis dalam jurnal tersebut. Hasil studi menunjukan bahwa ketika kamu menuliskan tujuan yang ingin diraih, kamu memiliki peluang yang jauh lebih baik dan kamu benar-benar ingin mencapainya. Plus, memiliki tempat untuk melakukan evaluasi dan mengulas tujuan dapat membantumu tetap on-track.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here