Butuh Izin Jam Kerja Fleksibel dari Atasan? Lakukan Dulu 4 Hal Ini!

Sumber : Iam Expat

Beberapa tahun belakangan ini, jam kerja fleksibel tak lagi menjadi hal asing di dunia kerja. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem tersebut. Meskipun tidak semua bidang pekerjaan di perusahaan bisa diselesaikan dengan jam kerja yang fleksibel.

Kalau Anda butuh izin jam kerja fleksibel dari atasan, Anda bisa mencoba mengajukannya mulai sekarang.

Lakukan dulu 4 hal ini agar berhasil mendapatkan izin tersebut:

Menyampaikan Alasan yang Masuk Akal

Sumber : USA Today

Pada umumnya, para ibu yang sudah memiliki anak memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan jam kerja fleksibel. Karena kaum ibu tentu harus menyisihkan waktu demi mengurus buah hati. Sehingga alasan ini sangat masuk di akal dan tidak mengurangi profesionalitas di mata atasan.

Kalaupun Anda bukan ibu yang bekerja, Anda juga bisa menyampaikan alasan lainnya. Misalnya, jika Anda seorang freelancer perusahaan yang harus mengatur waktu kerja sesuai jadwal. Sampaikan saja kepada atasan bahwa jam kerja yang fleksibel tidak akan mempengaruhi produktivitas Anda.

Baca Juga : Kiat Efektif Menghadapi Kandidat Karyawan Senior secara Profesional

Menjelaskan Mengenai Cara Kerja

Sumber : Free PIK

Biasanya atasan cenderung ragu memberi izin jam kerja fleksibel kalau belum memahami cara kerja Anda. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda menjelaskan mengenai cara kerja Anda kepada atasan. Kalau atasan sudah memahami, niscaya izin untuk memperoleh jam kerja fleksibel bisa Anda dapatkan. Anda juga patut menjelaskan cara Anda menangani pekerjaan bila ada deadline yang mendadak atau tumpukan pekerjaan dalam jumlah banyak.

Anda Tetap Harus Punya Waktu untuk Berada di Kantor

Sumber : Videezy

Walaupun mengajukan izin jam kerja fleksibel, bukan berarti Anda boleh mengingkari kewajiban di kantor. Anda wajib menetapkan waktu khusus untuk berada di kantor. Karena penyelesaian administrasi, rapat, diskusi tim, dan hal-hal lainnya tetap membutuhkan kehadiran Anda. Usahakan untuk hadir di kantor minimal seminggu sekali. Supaya koordinasi pekerjaan dengan rekan kerja lainnya tidak terbengkalai.

Mengajukan Masa Percobaan Terlebih Dahulu

Sumber : Blogging Pro

Anda juga bisa memohon masa percobaan jam kerja fleksibel selama dua hingga tiga bulan untuk meyakinkan atasan. Selama masa percobaan berlangsung, Anda dapat menunjukkan performa kerja terbaik meskipun tak selalu berada di kantor. Jika masa percobaan tersebut bisa diselesaikan dengan baik, maka peluang untuk memperoleh izin jam kerja fleksibel secara permanen akan semakin besar.

Pekerjaan yang bisa diselesaikan di luar kantor pasti akan membuat Anda lebih rileks dan terhindar dari kebosanan. Peningkatan produktivitas pun dapat dicapai secara maksimal jika Anda selalu menikmati proses kerja. Selamat berjuang mendapatkan izin jam kerja fleksibel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here