Caffeine Nap: Makin Produktif Jika Tidur Siang Setelah Ngopi

Apakah kamu termasuk pecinta kopi? Kopi memang salah satu minuman populer yang disukai banyak orang. Selain memiliki cita rasa yang khas, kopi juga terkenal efektif menghilangkan kantuk. Jika kamu ngantuk tapi masih harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan, sebaiknya kamu melakukan caffeine nap.

Istilah caffeine nap memang masih asing bagi sebagian besar masyarakat tanah air. Namun, kamu bisa melakukannya dengan mudah di sela-sela rutinitas. Yuk, simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Caffeine Nap?

Caffeine nap (yang juga dikenal dengan istilah coffee nap) adalah aktivitas tidur siang singkat setelah minum kopi. Durasinya hanya berkisar antara 10 hingga 20 menit agar manfaatnya maksimal. Kamu bisa tidur siang singkat setelah mengonsumsi 150 hingga 163 mg kafein. Satu cangkir sajian kopi rata-rata mengandung 163 mg kafein.

Namun, kamu tak harus mengonsumsi kopi bila ingin mendapatkan manfaat kafein. Sebab asupan kafein juga terdapat pada bahan makanan dan minuman lain seperti teh, cokelat, atau minuman berenergi.

Baca Juga: Kopi Cold Brew: Solusi Minum Kopi Tanpa Kafein dan Asam Berlebihan

Manfaat Tidur Singkat Setelah Ngopi

Masyarakat Eropa sudah terbiasa melakukan caffeine nap untuk membangkitkan energi di tengah rutinitas kerja yang padat. Saat kamu tidur setelah minum kopi, tubuh akan berada dalam kondisi rileks sehingga kafein dapat bekerja secara maksimal.

Selain itu, tidur singkat juga membantu meminimalkan kadar adenosin, yaitu zat penyebab kantuk yang terdapat dalam tubuh. Ketika bangun dari tidur singkat, kamu akan merasa jauh lebih bersemangat karena kadar adenosin sudah menurun dan khasiat kafein berfungsi secara maksimal.

Agar waktu tidurmu tidak terlalu lama, sebaiknya kamu memasang alarm maksimal 20 menit. Sehingga kamu tidak tidur berlebihan dan melewatkan manfaat kafein yang membuat tubuhmu lebih berenergi.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Jika kamu baru pertama kali ingin mencoba caffeine nap, kamu bisa melakukannya secara mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Mulailah dengan makan siang terlebih dahulu agar tidur singkatmu lebih nyenyak karena sudah kenyang.
  • Seduhlah secangkir kopi dengan cara sesuai selera. Alangkah lebih baik jika kamu tidak menambahkan pemanis terlalu banyak.
  • Nikmati kopi hangatmu perlahan-lahan hingga habis.
  • Bila kopi sudah habis, carilah tempat yang nyaman untuk berbaring. Kamu bisa berbaring di sofa atau ruang khusus yang jadi tempat istirahat karyawan di kantor.
  • Buatlah dirimu merasa rileks agar lekas tertidur. Ketika kamu mulai merasa nyaman, jangan lupa pasang alarm yang akan berbunyi 10 hingga 20 menit kemudian. Lalu, tutup mata dan pastikan tubuhmu tetap santai.
  • Setelah alarm berbunyi, kamu pun bisa bangun tidur dengan tubuh yang lebih segar dan siap melanjutkan rutinitas.

Wah, rupanya caffeine nap itu tak sulit dan banyak manfaatnya untuk kesehatan dan produktivitasmu. Yuk, usir kantuk dengan cara yang tepat supaya aktivitasmu di kantor tidak terbengkalai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here