Skill Terbaik dalam Resume Ini Harus Dicantumkan, Jangan Terlewat Ya!

Ada beberapa skill terbaik dalam resume yang harus kamu cantumkan untuk mendapat kesan terbaik dari rekruter. Ini dapat dipahami karena tiap perusahaan tentu memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh seorang karyawan agar bisa sukses menangani peran kerja di kantor.

Nah, bagi kamu yang tengah mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan, yuk simak beberapa skill terbaik yang harus kamu tonjolkan dalam resume.

Hard Skill vs Soft Skill

Hard skill adalah kemampuan spesifik untuk pekerjaan yang secara umum lebih kepada skill teknis yang kamu pelajari di sekolah/kampus, program sertifikasi, materi pelatihan, atau pengalaman dalam pekerjaan. Hard skill ini bisa termasuk kemahiran dalam hal seperti software, bahasa asing, mengoperasikan peralatan atau mesin tertentu. Skill ini biasanya diajarkan di sekolah formal.

Di sisi lain, soft skill adalah kemampuan yang dapat diterapkan pada semua pekerjaan. Seringkali, soft skill mengacu pada “people skill” atau “social skill” dan tercakup pada kemahiran dalam komunikasi, layanan konsumen, problem solving, manajamen waktu, dan leadership. Soft skill ini sendiri biasanya adalah sifat kepribadian yang jauh lebih sulit untuk dikembangkan karena sangat berharga bagi pengusaha.

Baca Juga: Membuat Daftar Referensi dalam Resume, Lakukan Seprofesional Ini

Contoh Skill Terbaik dalam Resume yang Perlu Dicantumkan

Selain skill problem solving dan manajemen waktu, ada beberapa skill yang harus kamu miliki. Berikut ini adalah beberapa jenis hard skill dan soft skill yang cukup populer dicari dalam dunia kerja.

Skill mendengarkan secara aktif

Skill terbaik dalam interview ini adalah kemampuan untuk fokus sepenuhnya pada pembicara, memahami pesan, memahami informasi dan merespon dengan penuh pertimbangan.

Pendengar aktif menggunakan teknik verbal dan non-verbal untuk menunjukan dan menjaga perhatian mereka pada pembicara. Skill mendengarkan yang terkait meliputi mengajukan pertanyaan, mencatat, organisasi, ketepatan waktu, dan komunikasi verbal/non-verbal.

Skill komunikasi

Skill komunikasi adalah kemampuan yang kamu gunakan ketika memberi dan menerima berbagai jenis informasi berbeda. Beberapa contoh termasuk menyampaikan gagasan, perasaan, atau apa yang terjadi di sekitar kamu. Juga, skill komunikasi termasuk mendengarkan, berbicara, mengamati, dan berempati. 

Skill komputer

Skill terbaik dalam interview selanjutnya adalah tentang kemampuan komputer. Skill komputer ini melibatkan kemampuan untuk belajar dan mengoperasikan berbagai teknologi. Skill hardware memungkinkan kamu untuk mengoperasikan komputer secara fisik. 

Ada beberapa skill software yang dapat dipertimbangkan oleh pemberi kerja sebagai prasyarat, seperti mengetik/mengolah data, lancar dalam bahasa coding, administrasi sistem, spreadsheet, dan manajemen email.

Skill customer service

Skill customer service adalah sifat dan praktik yang membantu kamu memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menciptakan pengalaman positif. Secara umum, skill ini bergantung pada problem solving dan komunikasi, yang tercakup sikap mau mendengarkan dan membaca isyarat secara verbal dan non-verbal.

Skill interpersonal

Ini adalah sifat yang kamu andalkan ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Mengembangkan skill ini menjadi sangat penting untuk bisa bekerja secara efisien dengan orang lain, mengatasi masalah dan memimpin proyek atau tim. Di sini, kamu harus mahir berkomunikasi, empati, fleksibel, punya sikap leadership, dan sabar.

Skill kepemimpinan

Skill kepemimpinan atau leadership adalah skill terbaik dalam resume yang juga harus kamu miliki. Ini adalah skill yang kamu gunakan ketika mengatur orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Kamu harus dapat memotivasi orang lain untuk menyelesaikan serangkaian tugas sesuai dengan jadwal. Kamu harus punya kemampuan untuk mengajar dan menjadi mentor, fleksibel, risk-taking, team building, dan manajemen waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here