Karyawan Merasa Dihargai Kalau Kamu sebagai Atasan Melakukan Ini

Selain mengharapkan kompensasi, karyawan tentunya ingin merasa dihargai. Pasalnya, karyawan juga manusia yang ingin merasa diterima, didukung dan diperhatikan. Menghargai karyawan akan meningkatkan tingkat kepuasan kerjanya.

Kalau tingkat kepuasan bekerja baik, maka karyawan akan berpikir dua kali untuk resign. Dengan begini, tingkat turnover dapat ditekan. Selain itu, karyawan yang tingkat kepuasan kerjanya baik cenderung bekerja dengan lebih produktif. Hal ini tentunya menguntungkan bagi perusahaan. Pasalnya, tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan akan lebih mudah dicapai.

Agar karyawan bisa merasa dihargai, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan

Menjelaskan bahwa Peran Karyawan Penting bagi Perusahaan

Perasaan kurang dihargai kerap muncul pada karyawan yang berada di posisi low-level management. Hal ini seringkali terjadi karena karyawan di posisi tersebut merasa peran yang diembannya tidak vital bagi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan bisa meyakinkan karyawan yang bersangkutan bahwa mereka juga punya peran penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

Salah satu caranya, yaitu mengadakan meeting rutin, sebagai momen karyawan mengemukakan keberhasilan yang telah dicapainya. Selain itu, mereka juga diminta untuk menjelaskan target-target yang ingin dicapai.

Karyawan Merasa Dihargai Kalau Ada Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

Selain mendapatkan gaji, karyawan juga tentunya ingin mengembangkan kariernya. Memberikan perhatian pada hal ini akan menjadikan karyawan merasa dihargai. Namun, sebelum bisa mengembangkan karier, seorang karyawan tentunya harus mengembangkan skill atau kemampuan yang dimilikinya.

Untuk itu, perusahaan bisa membantu dengan mengadakan pelatihan atau mentoring. Selain itu, perusahaan juga bisa menetapkan dan menjelaskan jenjang karir yang ada kepada para karyawannya.

Baca Juga: Mengembangkan Soft Skill di Tempat Kerja, Intip Dulu Caranya

Menyesuaikan Kompensasi Seusai Performa Kerja

Kalau skill dan kemampuan sudah berkembang, karyawan tentunya akan makin produktif, efektif dan efisien. Sehingga, performa kerjanya meningkat. Dalam hal ini, perusahaan bisa menjadikan performa kerja sebagai dasar pemberian kompensasi.

Karyawan dengan performa yang baik, selayaknya mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Demikian pula sebaliknya. Dengan begini, karyawan yang punya performa kerja tinggi akan merasa dihargai.

Di sisi lain, ada baiknya perusahaan mempertimbangkan kembali penggunaan masa kerja karyawan sebagai dasar pemberian kompensasi.

Menjelaskan Struktur Kompensasi pada Karyawan

Terkadang, karyawan merasa tidak dihargai karena merasa kompensasi yang didapatnya terlalu kecil. Padahal, kompensasi yang diberikan sudah sesuai dengan kinerja yang diberikan. Untuk menghindari hal ini, perusahaan bisa menjelaskan struktur gaji dan benefit yang diberikan.

Selain itu, perusahaan juga bisa memberitahukan karyawan bahwa kompensasi yang diberikan sudah sesuai dengan kinerja atau kemampuan yang dimiliki.

Agar semua karyawan bisa merasa benar-benar dihargai, ada baiknya beberapa cara di atas dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, perusahaan juga sebaiknya melibatkan semua pihak/departemen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here