Wajib Tahu! Cara Ampuh Membangkitkan Mood Bekerja setelah Lebaran

Lebaran atau Idulfitri memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang merayakannya. Meskipun lebaran tahun 2020 terasa berbeda karena wabah COVID-19, semangat hari kemenangan tersebut tentu tak akan luntur begitu saja. Tak jarang pula hawa liburan bikin mood bekerja setelah lebaran jadi anjlok.

Bagaimana cara terbaik untuk membangkitkan mood bekerja setelah lebaran? Mari cari tahu jawabannya supaya kamu kembali produktif saat libur lebaran usai.

Menyisakan Satu atau Dua Hari untuk Istirahat

Lebaran tahun 2020 mungkin sedikit berbeda jika kamu tak bisa mudik karena mengikuti anjuran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, bukan hanya aktivitas mudik yang bisa mengganggu mood bekerja setelah lebaran. Persiapan lebaran dan momen silaturahmi dengan orang-orang terdekat tanpa mudik juga dapat menguras energi.

Itulah sebabnya, kamu harus menyisakan satu atau dua hari untuk istirahat total di rumah. Bila sudah puas beristirahat di rumah hingga tubuh kembali bugar, maka kamu pun siap kembali menjalani rutinitas kerja yang padat.

Mengakses Dokumen Pekerjaan sebelum Mulai Bekerja

Mood bekerja setelah Idulfitri harus dibangkitkan perlahan-lahan supaya kamu tak langsung merasa pusing dan jenuh. Jadi, mulailah terlebih dahulu dengan mengakses dokumen pekerjaan sehari sebelum benar-benar bekerja.

Buka kembali email dan folder-folder pekerjaan yang harus diselesaikan. Cara sederhana ini akan membuat kamu lekas beradaptasi dengan pekerjaan sehingga kamu mampu menyelesaikannya dengan baik tanpa mengabaikan tugas tertentu.

Baca Juga: Mengenal 5 Sanksi untuk Karyawan yang Melanggar Aturan Perusahaan

Bangun Lebih Pagi dari Biasanya

Agar mood bekerja setelah lebaran kembali maksimal, tak ada salahnya bila kamu bangun lebih pagi dari biasanya. Karena bangun lebih pagi membuat kamu punya jeda waktu untuk mempersiapkan diri.

Kamu bisa berolahraga ringan, mandi, dan membaca berita terlebih dahulu sebelum mulai bekerja. Hal-hal sederhana ini akan membuat kamu bahagia dan siap menyelesaikan tumpukan pekerjaan.

Jangan Segan Meminta Bantuan Rekan Kerja

Kalau kamu kesulitan mengurus pekerjaan setelah lebaran, jangan segan meminta bantuan rekan kerja. Terutama untuk pekerjaan yang harus melibatkan koordinasi tim kerja agar penyelesaiannya berlangsung maksimal. Jadi, pastikan komunikasi dengan rekan kerja tetap lancar meskipun masih bekerja dengan sistem work from home (WFH).

Bantuan dari rekan-rekan kerja akan membantu mengembalikan mood bekerja setelah lebaran. Sebaliknya, kamu juga tak boleh lupa menolong rekan kerja yang butuh bantuan. Tindakan sederhana ini akan mempererat rasa kekeluargaan sekaligus membuat pekerjaan selesai dengan baik dan tepat waktu.

Menyiapkan Reward untuk Diri Sendiri

Demi membangkitkan mood bekerja setelah lebaran, kamu patut menyiapkan reward untuk diri sendiri. Self reward akan membuat kamu lebih bersemangat menjalani hari dan menyelesaikan aktivitas dengan baik.

Misalnya, kamu berencana menonton streaming film dan menikmati makanan favorit setelah menyelesaikan pekerjaan. Rencana kecil tersebut akan membuat kamu merasa bahagia dan siap menghadapi tantangan selama bekerja.

Apakah kamu punya pengalaman unik seputar mood bekerja setelah libur lebaran?

Semoga pengalaman tersebut jadi pelajaran berharga yang membuat kamu makin produktif dan kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here