Yuk, Cegah Diabetes dengan Rutin Olahraga Berikut Ini!

Yuk, Cegah Diabetes Dengan Rutin Olahraga Berikut Ini!
Sumber: Pexels

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa diabetes menjadi salah satu penyakit yang mematikan setelah stroke dan kanker. Tiga dari lima orang di dunia meninggal dunia akibat diabetes. Di Indonesia, diabetes juga menjadi momok menakutkan akibat kebiasaan orang Indonesia yang suka dengan makanan dan minuman manis. Untuk itu, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tak henti menyuarakan untuk cegah diabetes sejak dini.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa cegah diabetes dengan cara yang mudah dan sederhana?

Rutin Olahraga salah satunya! Banyak jenis olahraga yang bisa memberikan manfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pemecahan gula atau glukosa dalam tubuh tetap maksimal. Olahraga apa saja? Yuk, perhatikan ulasannya berikut ini!

Yoga, Olahraga Meditasi yang Mampu Meluruskan Fungsi Saraf dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Yoga, Olahraga Meditasi yang Mampu Meluruskan Fungsi Saraf dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Sumber: Pexels

Buat kamu yang sibuk atau ingin olahraga tapi cuaca tidak bersahabat, cobalah untuk melakukan yoga. Olahraga yang satu ini bisa dilakukan di rumah dengan selembar matras. Gerakan yoga diketahui mampu meningkatkan fungsi saraf dan meningkatkan kerja insulin yang berguna untuk memecah glukosa dalam darah. Akhirnya, glukosa bisa dipecah dan kadar gula dalam darah tetap normal.

Renang, Olahraga Air dengan Gerakan Intens yang Maksimalkan Metabolisme Tubuh

Renang, Olahraga Air Dengan Gerakan Intens yang Maksimalkan Metabolisme Tubuh
Sumber: Pexels

Kamu pun bisa cegah diabetes dalam tubuhmu dengan olahraga yang cukup umum, semisal renang. Olahraga ini membutuhkan gerakan kaki, badan, dan tangan yang cukup intens untuk menerjang air. Belum lagi, kamu harus melawan gaya tarik ke bawah dari air. Hal ini membuat renang menjadi cocok untuk cegah diabetes karena memaksimalkan pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme, khususnya yang berhubungan dengan jantung dan gula darah.

Lari atau Olahraga Kardio, Perkuat Jantung dan Tingkatkan Kerja Insulin

Lari atau Olahraga Kardio, Perkuat Jantung dan Tingkatkan Kerja Insulin
Sumber: Pexels

Kalau kamu suka berlari pagi atau sore hari, tentunya jangan pernah berhenti melakukannya. Pasalnya, lari ataupun olahraga yang berhubungan dengan kardio diketahui juga punya hubungan yang erat dengan meningkatnya produksi insulin untuk memecah gula. Produksi insulin yang tersendat bisa saja membuat gula darah menjadi melonjak tajam.

Jalan Kaki, Cegah Diabetes dengan Jalan Kaki Minimal 1 Km Sehari

Jalan Kaki, Cegah Diabetes Dengan Jalan Kaki Minimal 1 Km Sehari
Sumber: Pexels

Kamu sering ke sekolah, kuliah, atau kerja dengan jalan kaki? Bagus dan pertahankan! Jalan kaki dianggap menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan dalam melakukan usaha cegah diabetes. Banyak yang menganjurkan untuk berjalan kaki minimal 1 Km sehari. Jalan kaki memberikan tekanan pada pusat inti saraf yang ada di telapak kaki untuk memastikan kerja organ tubuh, utamanya pankreas lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here