Cegah Virus Corona, Ini Aturan Mencuci Pakaian Selama Pandemi

Kekhawatiran akan terpapar virus corona atau COVID-19 dirasakan semua penduduk bumi. Pembatasan sosial atau social distancing diterapkan untuk menekan penularan. Kewaspadaan juga dilakukan dengan mengenakan masker wajah dan rutin mencuci tangan. Lalu, bagaimana dengan aturan mencuci pakaian untuk cegah virus corona?

Apakah seseorang harus segera mengganti pakaian setelah keluar rumah untuk mencegah penularan? Mari simak ulasan terkait mencuci pakaian selama pandemi virus vorona berikut ini:

Berapa Lama Virus Corona Bertahan Pada Pakaian?

Saat ini, tidak ada yang yakin tentang jawabannya. Virus corona dapat bertahan selama berhari-hari di permukaan yang halus seperti plastik dan stainless steel, tetapi bagaimana kemampuannya pada material yang lebih berpori belum terjawab.

Namun, virus seperti ini cenderung bertahan lebih sedikit pada kain daripada pada logam.

Haruskah Kita Mencuci Pakaian Setelah Keluar Rumah?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) A.S. tidak menawarkan panduan khusus untuk orang yang bekerja di luar rumah. Jadi untuk saat ini, kecuali seseorang secara eksplosif batuk atau bersin dekat denganmu, mungkin kamu tidak perlu terburu-buru memasukkan pakaian langsung ke mesin cuci. Saran saat ini adalah untuk tetap dengan jadwal mencuci yang biasa.

Ingatlah bahwa tidak semua pakaian adalah kain. Kancing dan ritsleting kemungkinan besar terbuat dari plastik atau logam, jadi virus corona bisa saja menempel pada bagian ini. Dan jangan lupa mencuci barang-barang yang mungkin jarang dibersihkan, seperti mantel dan topi.

Baca Juga: Cegah Corona, Tidur Siang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika kamu bekerja dalam fungsi-fungsi penting yang dapat meningkatkan paparan, seperti perawatan kesehatan, begitu tiba di rumah, kamu bisa langsung mencuci pakaian yang kamu kenakan diluar.

Perlukah Gunakan Deterjen Khusus untuk Selama Pandemi Corona?

Virus ini tidak menyebar dengan baik di bawah tekanan sabun atau deterjen, tetapi sangat rentan terhadap pemutih. Jika perpaduan deterjen dan pemutih tidak akan merusak baju, maka kamu disarankan untuk menggunakan keduanya. Ini salah satu cara untuk cegah virus corona.

Metode Mencuci Apa yang Harus Dilakukan Jika di Rumah ada yang Positif COVID-19?

Aturan khusus saat ada anggota di rumah yang positif virus corona adalah mengenakan sarung tangan saat menangani pakaian bekas, handuk, dan linen yang digunakan oleh orang sakit. Mereka kemudian harus membuang sarung tangan dan mencuci tangan sampai bersih. Kiat lain dari CDC untuk menangani cucian dalam situasi ini antara lain:

  • Jangan goyangkan pakaian karena hal itu dapat menularkan virus ke udara.
  • Ikuti instruksi mencuci yang diberikan oleh pembuat pakaian, tetapi gunakan pengaturan air yang paling hangat.
  • Keringkan semuanya sampai selesai. Pengaturan pengering panas juga cukup penting.
  • CDC mengatakan bahwa pakaian dari orang-orang yang terpengaruh dan tidak terpengaruh dapat dicuci bersama. Namun jika kamu tidak mau tercampur, mencuci terpisah dibolehkan.

Itulah beberapa aturan mencuci yang disarankan untuk cegah virus corona. Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dan terapkan physical distancing ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here