Nggak Ribet Kok, Ini Cara Kamu Dapat Pekerjaan Desainer yang Tepat

Di zaman yang semakin maju ini, pekerjaan kreatif seperti desainer menjadi favorit pekerja milenial. Bukan hanya sekadar mengembangkan hobi sebagai pekerjaan, profesi ini memiliki peluang karier yang besar.

Dari sekian banyak pekerjaan untuk desainer, bagaimana cara menemukan pekerjaan yang tepat untuk kamu? Simak ulasannya berikut ini ya!

Pahami Pekerjaan untuk Desainer Berbeda-beda di Tiap Tempat

Seseorang yang ingin menjadi desainer terkadang terbentur oleh idealisme. Sebagai pekerja kreatif, tentu banyak ide yang ingin diciptakan. Hal ini kadang tidak selaras dengan kebutuhan tempat kamu bekerja kelak.

Pahamilah bahwa setiap tempat kerja memiliki tanggung jawab, benefit, dan fasilitas yang berbeda. Saat kamu memutuskan menjadi desainaer, maka idealisme kamu harus disesuaikan dengan dinamika kerja di perusahaan.

Coba tanyakan ke diri sendiri, kamu lebih suka kultur kerja di perusahaan konvensional yang serba rapi atau kultur kerja startup yang cenderung fleksibel dan tetap butuh tanggung jawab tinggi?

Kuasai Kemampuan Public Speaking

Seorang desainer identik dengan pekerjaan yang lebih banyak dilakukan dengan kreativitas sendiri. Padahal, kamy juga butuh melatih kemampuan public speaking loh.

Bagaimanapun juga, public speaking adalah satu-satunya jalan apakah kamu mampu menarik hati klien untuk menggunakan jasamu atau tidak.

Jadi, karya luar biasa dari seorang desainer tidak akan ada artinya jika orang tersebut tidak memiliki komunikasi yang baik. Sebelum mendapatkan pekerjaan untuk desainer yang tepat, pastikan kamu setidaknya mampu melakukan public speaking yang baik pula ya.

Pekerjaan untuk Desainer Mudah Didapat Kalau Kamu Punya Koneksi Luas

Semakin luas jaringan sosial kamu, bisa dipastikan kamu semakin mudah mendapatkan pekerjaan. Jangan hanya terlalu sibuk di dunia penuh kreativitas sehingga melupakan membuat networking.

Saat kamu merasa buntu mendapatkan pekerjaan, siapa tahu jaringan pertemanan dapat memberikan peluang baru untuk kamu.

Selain itu, networking juga mampu menambah kemampuan desain Anda. Semakin sering Anda bertemu sesama desainer, semakin banyak pula ide dan referensi dalam berkarya.

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Menentukan Harga Pekerjaan Freelancer Desainer Grafis

Jadikan Hasil Karya Desainer Lain sebagai Acuan untuk Berkarya

Sekali lagi, sesekali kamu harus menurunkan idealisme dalam berkarya. Jangan terlalu idealis demi mendapatkan pekerjaan untuk desainer yang sesuai keinginan. Cobalah untuk berkarya melalui pengembangan ide dari hasil karya desainer lain.

Ingat, tidak ada hal yang benar-benar baru dalam pekerjaan kreatif. Semuanya adalah proses dari belajar, mengamati, dan memodifikasi. Tengoklah beberapa karya desainer lagi untuk memperkaya ide dan ubahlah menjadi sesuatu yang lebih fresh.

Portofolio yang Menarik Mempermudah Mendapatkan Pekerjaan untuk Desainer

Terakhir, buatlah sebuah portofolio menarik agar orang lain atau klien dapat melihat kemampuanmu. Di zaman serba digital ini, usahakan kamu memiliki portofolio secara digital pula. Portofolio yang mudah diakses tentu lebih mampu menarik perhatian rekruter.

Beberapa platform digital juga tersedia untuk memudahkan kamu membuat portofolio, antara lain Behance, Dribble, Kreavi, dan lain-lain. Jadi, persiapkan portofolio kamu mulai dari sekarang ya!

Nah, siapkah kamu mendapatkan pekerjaan untuk desainer yang tepat? Ingat, semua kembali pada keinginan dan pilihan kamu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here