5 Cara Efektif Membimbing Karyawan Fresh Graduate di Kantor

Regenerasi kepemimpinan di suatu perusahaan merupakan hal penting yang harus disiapkan sejak jauh hari. Karyawan-karyawan fresh graduate yang potensial adalah kunci keberhasilan proses regenerasi. Oleh sebab itu, kamu wajib membimbing karyawan fresh graduate secara efektif selaku seorang senior.

Membimbing karyawan fresh graduate memang bukan perkara mudah. Namun, lima cara efektif berikut ini dapat membantu kamu mematangkan potensi karyawan baru tersebut.

Menyelami Karakter Generasi Fresh Graduate

Pengelompokan usia tentu membuat karyawan fresh graduate berada pada generasi yang berbeda dengan kamu. Apalagi jika usia kamu dan karyawan baru tersebut terpaut cukup jauh. Hal ini membuat kamu harus menyelami karakter generasinya terlebih dahulu sebelum membimbing karyawan fresh graduate. Dengan demikian, risiko kesalahpahaman dalam bekerja bisa diminimalkan.

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Pilih-Pilih Pekerjaan Saat Jadi Fresh Graduate

Melatih Sikap Proaktif

Karyawan fresh graduate biasanya masih ragu-ragu mengutarakan pendapat karena takut mendapatkan penolakan. Padahal, sikap proaktif karyawan tersebut justru harus dilatih sejak masa-masa awal bekerja.

Kamu harus berkontribusi membimbing karyawan baru lulus kuliah dengan melatih sikap proaktifnya. Ajaklah para karyawan baru untuk mengeluarkan pendapat ketika melakukan brainstorming dan kerja sama tim.

Jangan Ragu Berdiskusi dengan Karyawan Fresh Graduate

Ide-ide kreatif tentang pekerjaan bisa muncul dari mana saja, termasuk dari karyawan fresh graduate. Oleh karena itu, kamu tak perlu ragu berdiskusi dengan karyawan fresh graduate. Kebiasaan diskusi merupakan cara membimbing karyawan yang baru lulus kuliah supaya lebih peka terhadap permasalahan di lingkungan kerja.

Jadi, bukan mustahil jika nanti kamu akan mendapatkan ide brilian untuk menyelesaikan masalah pekerjaan dari karyawan fresh graduate yang punya potensi besar.

Memberikan Tanggung Jawab Besar

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk memberikan tanggung jawab besar kepada karyawan fresh graduate. Asalkan tanggung jawab tersebut memang sekiranya mampu diselesaikan oleh karyawan tersebut. Melalui pemberian tanggung jawab baru, kamu bisa menilai kematangan karyawan dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Cara membimbing karyawan fresh graduate ini memang membutuhkan pertimbangan matang supaya tanggung jawab yang diserahkan tidak terbengkalai.

Memberikan Motivasi Secara Personal

Gambaran dunia kerja yang dibayangkan selama kuliah atau sekolah tentu berbeda dengan realitas. Itulah sebabnya, kamu bukan cuma harus membimbing karyawan fresh graduate, tetapi juga mesti memberikan motivasi personal. Bantulah karyawan fresh graduate mengatasi keraguan dalam menjalani karier. Sehingga nanti karyawan yang merasa terbantu akan betah dan siap melanjutkan regenerasi perusahaan.

Setiap orang pasti punya cara masing-masing untuk membimbing karyawan fresh graduate, lantas bagaimana dengan kamu?

Belajarlah membimbing tanpa menggurui supaya masukan kamu bisa diterima oleh sang karyawan baru, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here