Jangan Putus Asa, Begini Cara Efektif Mencari Pekerjaan Pasca PHK!

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) memang menjadi momok menakutkan bagi para karyawan. Bahkan, mencari pekerjaan pasca PHK terbilang sulit dan menghambat perkembangan karier. Itulah sebabnya, PHK seakan dirasa sebagai akhir dari karier yang sudah dibangun puluhan tahun.

Jangan patah semangat dulu jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan pasca PHK. Lakukanlah beberapa hal ini agar kamu lekas mendapatkan pekerjaan baru.

Menenangkan Diri Selama Beberapa Hari

Kamu tak bisa melamar pekerjaan dalam suasana perasaan yang kalut. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu menenangkan diri selama beberapa hari sebelum mencari pekerjaan pasca PHK.

Bila Pikiran sudah lebih tenang, kamu bisa memikirkan langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan pasca PHK.

Memulai Hal Baru dengan Memperbaiki CV

Hal pertama yang patut kamu lakukan sebelum mencari pekerjaan pasca PHK adalah memperbaiki Curriculum Vitae (CV). Kamu tentu tak pernah menyentuh CV setelah diterima kerja. Padahal, CV adalah salah satu hal penting yang wajib diperbaharui sebelum mengirimkan lamaran kerja.

Lengkapi CV Anda dengan pengalaman-pengalaman yang sudah kamu dapatkan. Kamu juga dapat melampirkan portofolio terbaru untuk menunjukkan kemampuan kerjamu secara maksimal.

Baca Juga: Stres karena PHK? Segera Pulihkan Diri Anda!

Mencari Informasi Pekerjaan dari Orang-Orang Terdekat

Orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat, dan kerabat biasanya bisa diandalkan jika kamu mencari pekerjaan pasca PHK. Jadi, kamu tak perlu ragu menanyakan info lowongan kerja kepada orang-orang di sekitar.

Siapa tahu ada lowongan pekerjaan yang cocok dengan kemampuanmu. Sehingga nanti kamu tak perlu lama-lama menganggur setelah mengalami PHK.

Mencoba Pekerjaan di Bidang Lain

Jangan hanya terpaku mencari pekerjaan pasca dipecat yang berhubungan dengan bidang pekerjaan sebelumnya. Tak pernah ada kata terlambat untuk menjajal pekerjaan di bidang lain. Mungkin saja PHK menjadi pembuka jalan baru bagi kariermu.

Terutama jika kamu punya keahlian lain di luar bidang pekerjaan yang selama ini kamu tekuni. Tak ada salahnya mencoba melamar pekerjaan di luar zona nyaman demi mendapatkan pengalaman kerja baru yang menantang.

Memanfaatkan Media Sosial Semaksimal Mungkin

Media sosial kini tak sekadar bisa menjadi alat komunikasi dan sarana hiburan. Lebih dari itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan pasca PHK. kamu bisa memulainya dengan follow akun-akun media sosial yang membagikan info lowongan kerja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hashtag khusus untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai keinginan. Peluang mendapatkan pekerjaan baru akan semakin besar jika kamu memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin.

Jangan gusar soal urusan mencari pekerjaan pasca PHK. Justru kamu harus lega karena urusan dengan tempat kerja lama sudah selesai dan kamu siap mencari pekerjaan baru yang potensial bagi pengembangan kariermu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here