Ini Lho 5 Cara Jitu Mengatasi Alergi yang Bisa Anda Coba! Mari Diintip

Cara Jitu Mengatasi Alergi
Source: hellosehat.com

Mengatasi alergi memang tidak mudah, tetapi bukan berarti Anda menyerah begitu saja. Pasalnya, ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk meminimalkan risiko terjadinya alergi.

Meski dalam beberapa kasus alergi kambuhan, Anda membutuhkan bantuan ahli medis, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba sejumlah langkah pencegahan di bawah ini.

Cara Jitu Mengatasi Alergi yang Menyerang Tubuh Anda

1. Hindari Pemicu Alergi

Cara yang paling mudah untuk mengatasi alergi adalah menghindari pemicunya. Jika sejak kecil Anda pantang terhadap makanan laut seperti udang atau kacang-kacang, jauhi makanan tersebut. Meski udang maupun kacang-kacangan terlihat menggiurkan, tetapi kesehatan Anda adalah hal yang paling utama.

Jika merasa kurang yakin mengenai alergi yang Anda idap, cobalah untuk melakukan tes tempel. Tes ini bertujuan untuk mengecek alergi dalam tahap ringan. Dalam tes ini, dokter akan menempelkan sejumlah allergen sebelum menentukan pemicu alergi.

Selain tes tempel, ada dua jenis tes lainnya, yakni tes tusuk kulit bagi penderita alergi makanan dan tes darah untuk hasil yang lebih akurat.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa dengan mudah menghindari hal-hal yang akan memicu alergi.

alergianak

Baca Juga: Alergi Makan Udang? Ini Dia Penyebab Kenapa Anda Mengalaminya

2. Konsumsi Antihistamin

Reaksi yang ditimbulkan alergi adalah respon terhadap keluarnya senyawa kimia dalam tubuh, yaitu histamin. Salah satu andalan penderita alergi adalah antihistamin.

Obat ini sangat ampuh mencegah dan mengatasi masalah alergi dengan catatan Anda telah berkonsultasi lebih dulu pada dokter atau apoteker. Hal ini untuk mencegah terjadinya salah dosis yang bisa saja menimbulkan efek samping.

alodokter

3. Mengoleskan Salep

Sebaiknya, ringankan gejala alergi Anda dengan cara mengoleskan salep pada bagian yang gatal. Jika rasa gatal tidak berkurang, lakukan pengompresan dengan es batu.

Pada sejumlah kasus, alergi dapat memicu bersin-bersin, mata merah, perih, dan kesulitan napas. Gunakan tetes mata untuk mengurangi rasa sakit pada mata sekaligus melancarkan jalannya napas.

obatgatal.eklablog

4. Pastikan Rumah Bersih

Untuk menghindari munculnya alergi, pastikan rumah Anda bersih dan terbebas dari allergen, di mana harus selalu disapu dan dipel setiap harinya. Begitu pun dengan barang-barang yang memicu terjadinya alergi, misalnya karpet bulu yang kotor atau rak buku yang penuh debu.

Jika Anda memiliki binatang peliharaan, rawatlah dengan baik. Mandikan binatang tersebut secara berkala. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya alergi yang biasanya ditimbulkan oleh bulu binatang.

hellosis

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Memang lebih baik mencegah dari pada harus mengobati. Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat nan kaya nutrisi. Dengan asupan yang tepat, sistem imun tubuh akan meningkat.  Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Alergi pun tidak akan muncul.

Bisa dibilang langkah ini merupakan cara paling jitu mengatasi alergi tanpa harus membuang banyak uang dan tanpa repot.

revistaaral

Nah, itulah sederet tips mengatasi alergi yang dapat Anda terapkan. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan untuk hidup yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here