Cara Jitu Menghadapi Toxic Boss yang Menjengkelkan

menghadapi toxic boss
Sumber : Entrepreneur

Di mana pun Anda berada, orang mengjengkelkan akan selalu ada. Lebih parahnya lagi, orang-orang menjengkelkan tersebut juga bisa mempengaruhi produktivitas Anda. Apalagi jika sosok menyebalkan itu adalah atasan Anda. Tak mengherankan jika atasan yang super menyebalkan dikenal dengan sebutan toxic boss.

Meskipun sangat menyebalkan, tak dapat dipungkiri bahwa Anda harus berinteraksi dengan toxic boss setiap hari.

Jadi, sebaiknya Anda melakukan beberapa cara jitu ini ketika harus menghadapinya:

Meminimalkan Interaksi dengan Atasan

Sumber : Free Pik

Kalau tak ingin berurusan panjang dengan toxic boss, sebaiknya Anda meminimalkan interaksi dengannnya. Usahakan agar tidak terlalu banyak terlibat dalam komunikasi yang berujung pada hal-hal negatif. Untuk urusan pekerjaan, tentu Anda mesti lebih banyak berinteraksi dengan rekan kerja satu tim. Karena pada dasarnya atasan Anda hanya bertugas sebagai pengawas dan penelaah.

Baca Juga: Punya Bos Generasi X? Sebagai Milenial, Ini Caranya agar Bisa Akur

Cermat Membaca Situasi

Sumber : Istock Photo

Salah satu ciri toxic boss yang amat menjengkelkan adalah kemarahannya yang bisa mengganggu produktivitas tim kerja. Oleh sebab itu, Anda mesti cermat membaca situasi. Supaya Anda tidak menyulut kemarahan atasan yang berujung pada hal-hal negatif. Ketika atasan Anda tampak bad mood, alangkah lebih baik kalau Anda mulai menjaga jarak. Cobalah menunda hal-hal kurang baik yang ingin Anda sampaikan kepadanya.

Selalu Berpikir Positif

Sumber : Inc

Kondisi pekerjaan yang penuh tekanan memang rentan membuat Anda kesal. Namun, jangan biarkan hal tersebut merenggut kebahagiaan Anda. Justru Anda harus selalu berpikir positif demi menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin. Cobalah menjauh sejenak dari gadget dan drama kantor. Jangan terlalu ambil pusing dengan omongan toxic boss yang bisa mengurangi semangat kerja Anda.

Membangun Hubungan Solid dengan Tim Kerja

Sumber : Office Space Software

Kalau atasan di kantor sudah sangat menyebalkan, tak ada lagi yang bisa Anda harapkan selain tim kerja. Anda mesti membangun hubungan solid dengan tim kerja agar bisa saling menguatkan dan memberikan support satu sama lain. Lama-kelamaan, tim kerja Anda pasti akan terbiasa menghadapi ulah atasan. Produktivitas pun tak akan terganggu bila bekerja dalam tim yang kompak.

Memanfaatkan Waktu Cuti

Sumber : Wiki Kau

Mungkin ada saat-saat yang membuat Anda jera dan lelah berurusan dengan atasan menyebalkan. Kalau sudah begitu, sebaiknya Anda memanfaatkan waktu cuti. Gunakanlah waktu cuti yang berharga untuk bersantai bersama keluarga, short escape, atau staycation ke tempat yang Anda inginkan. Niscaya pikiran Anda akan kembali fresh dan siap kembali ke rutinitas kantor. Anda akan mendapatkan energi baru untuk berinteraksi dengan toxic boss di kantor.

Karakter atasan yang sangat menyebalkan tak boleh menjadi halangan bagi produktivitas dan perkembangan karier Anda. Jadilah karyawan yang profesional dan siap menghadapi berbagai tantangan pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here