Cooking Hacks: 5 Cara Memasak Pasta yang Benar Bak Koki Profesional

cara memasak pasta yang benar
Sumber : cookingchanneltv

Salah satu hidangan khas Italia yang paling mudah dibuat adalah pasta. Ya, Anda hanya harus merebus air, memasukkan mie atau pasta, merebusnya hingga matang, mengeringkannya, dan memberikan saus, dan menambahkan ragam topping serta garnish agar terlihat menarik dan rasanya lezat. Tetapi untuk menghasilkan tampilan dan rasa pasta yang lezat sebagaimana koki professional memasaknya, Anda harus mengetahui beberapa teknik khusus, lho. Karena itu, berikut ini adalah 6 cara memasak pasta yang benar agar menghasilkan hidangan pasta yang seenak di resto bintang lima.

5 Cara Memasak Pasta yang Benar Bak Koki Profesional

Gunakan jumlah air yang tepat

Saat merebus pasta, jika Anda tidak menggunakan cukup air, hasil akhir pasta Anda akan menjadi segumpal mie. Pasta membutuhkan ruang untuk bergerak di dalam panci saat mendidih agar matang dengan benar dan sempurna. Gunakan lebih banyak air daripada yang Anda butuhkan, tapi hindari mengisi panci dengan banyak air.

Tahu kapan harus menambahkan garam

Mungkin Anda tahu bahwa Anda harus menambahkan garam ke air agar pasta tidak saling menempel. Tetapi apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah waktu yang tepat untuk menambahkan garam adalah ketika air mulai mendidih. Setelah Anda melihat garam larut, tambahkan pasta Anda.

Baca Juga: Bukan Cuma Spaghetti, Ini 7 Jenis Pasta yang Tidak Kalah Lezat

Kethaui kapan waktunya untuk mengangkat pasta dari panci

Jika Anda menggunakan pasta kering, Anda akan ingin memasaknya selama satu menit lebih sebentar dari yang diinstruksikan pada kemasan. Cara ini akan memastikan pasta al dente.

Hindari membuang air rebusan pasta

Tak banyak orang yang tahu bahwa air yang tersisa di dalam panci setelah memasak pasta dapat sangat bermanfaat untuk menyesuaikan ketebalan saus pasta yang akan Anda buat nantinya. Cara ini sangat penting untuk membuat karbonara yang sempurna. Masukkan air pasta dan tambahkan perlahan saat Anda mengaduk saus dengan pasta untuk konsistensi yang sempurna.

Hidari menambahkan minyak zaitun saat memasak pasta

Jika Anda selalu menambahkan minyak zaitun ke dalam rebusan air pasta, maka hentikan cara itu sekarang. Dengan menambahkan minyak zaitun pada pasta, itu akan mencegah saus pasta menempel ke pasta. Gunakan minyak zaitun pada pasta yang sudah matang bersamaan dengan keju parut dan topping lainnya.

Jangan pernah bilas dengan air dingin

Mitos umum lain yang berhubungan dengan pasta adalah bahwa pasta yang sudah matang sangat baik untuk dibilas dengan air dingin. Sayangnya, cara tersebut tidak membasuh lemak, kanji, atau hal-hal lainnya. Tidak ada gunanya kecuali untuk membuat pasta Anda dingin. Satu-satunya hal bila Anda ingin menggunakan cara ini adalah jika Anda ingin membuat salad pasta dingin.

Beri komentar Anda tentang artikel ini