Ingin Membakar Kalori Lebih Banyak saat Tidur? Ini Dia Caranya!

membakar kalori
Sumber : Daily Mail

Sleep is the golden chain that binds health and our bodies together.

Tak dapat dipungkiri kalau tidur memang salah satu kebutuhan utama bagi tubuh. Jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan senantiasa bersemangat, Anda tentu harus memiliki kualitas tidur yang baik. Bahkan, tidur juga memegang peranan penting bagi proses pembakaran kalori.

Faktanya, tubuh memang tetap membakar kalori meskipun Anda sedang tidur. Jumlah kalori yang terbakar pun tergantung dari kondisi fisik dan pola hidup Anda. Bila ingin membakar kalori lebih banyak, maka beberapa cara ini harus Anda lakukan mulai sekarang.

Jika Tubuh Membakar Kalori secara Maksimal saat Tidur, Risiko Obesitas pun Dapat Diminimalkan

Membatasi Asupan Gula

Asupan gula berlebihan hanya akan menyebabkan tubuh kesulitan membakar kalori. Akibatnya, jumlah kalori yang dibakar pun tak sebanding dengan kalori yang masuk. Alangkah lebih baik jika Anda membatasi asupan gula menjelang tidur. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Sebagai gantinya, santaplah sedikit buah-buahan agar tidak terlalu lapar menjelang tidur.

Baca Juga: Inilah 6 Asupan Protein yang Paling Efektif dalam Membakar Lemak

Waktu Tidur yang Cukup

Sumber : Pinterest

Waktu tidur yang cukup adalah salah satu kunci utama proses pembakaran kalori secara maksimal. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 6 hingga 8 jam per hari. Tidur yang cukup juga akan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga proses metabolisme tubuh pun berlangsung maksimal di siang hari.

Mengonsumsi Protein Sesuai KebutuhanTubuh

sumber protein

Tubuh yang memperoleh asupan protein dalam jumlah cukup akan membuat otot berkembang maksimal. Dengan demikian, otot-otot tubuh pun siap membakar kalori semaksimal mungkin saat Anda tidur. Tubuh pun akan tampak lebih proporsional dan tidak kelebihan berat badan jika massa otot Anda sudah berkembang maksimal.

Olahraga Angkat Beban

Sumber : Box-Sports

Jangan ragu melakukan olahraga angkat beban pada sore hari. Olahraga yang satu ini akan membuat otot bekerja ekstra membakar kalori bahkan saat Anda sedang tidur. Sebab, otot membutuhkan nutrisi lebih supaya massanya lekas meningkat. Setengah kilogram otot dapat membakar 50 kalori pada siang dan malam hari. Sedangkan, setengah kilogram lemak hanya membakar 9 kalori pada hitungan waktu yang sama.

Minum Teh Hijau

Sumber: japanjobsguide

Teh hijau terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak saat tidur. Minumlah secangkir teh hijau tanpa gula supaya tubuh lebih rileks dan siap membakar kalori lebih banyak sesuai harapan Anda.

Kini Anda sudah tahu kalau tidur berkualitas akan membuat tubuh lebih bugar dan bebas dari risiko kelebihan berat badan. Sudah siapkah untuk membakar kalori secara maksimal saat tidur nanti?

Tubuh sehat yang tak kelebihan berat badan akan membuat Anda semakin semangat bekerja.