6 Cara Membangun Hubungan Kerja Positif untuk Tingkatkan Kinerja

Memelihara hubungan baik di tempat kerja tidak hanya akan membuat suasana di kantor menjadi adem, pun bisa meningkatkan produktivitas kerja. Karena ketika setiap karyawan dapat bekerja sama hingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai. Bila Anda termasuk orang baru, atau mulai melihat gejala yang tidak mengenakan di kantor, ada beberapa cara membangun hubungan positif di tempat kerja.

Tips Membangun Hubungan Positif di Tempat Kerja

Hormati Waktu Rekan Kerja

Tiap proyek tentu memiliki waktu tenggang yang harus diselesaikan. Dan bila Anda menjadi salah satu anggota tim proyek tersebut, Anda tentu memiliki peran yang juga berkaitan dengan peran rekan kerja Anda setiap kesatuan tim. Bila Anda ingin membangun hubungan positif di tempat kerja, hormatilah waktu rekan kerja Anda dengan cara menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu. Dengan begitu, proyek yang sedang tim Anda lakukan bisa selesai sesuai dengan deadline.

Pastikan Anda Berhati-hati dengan Media Sosial

Dengan adanya tren untuk selalu eksis di media sosial, akan sangat mudah bagi Anda untuk bisa terhubung dengan rekan kerja di sosial media. Meskipun tidak ada kerugian untuk melakukannya, namun penting bagi Anda untuk waspada saat membangun hubungan seperti ini. Maklum, bila Anda salah langkah maka reputasi Anda akan tercoreng, rekan kerja bisa memiliki kesan negatif pada Anda.

Komunikasi adalah Kunci

topik pembicaraan
sumber: micpublishing

Untuk membangun hubungan positif di tempat kerja, komunikasi yang lancar menjadi satu kunci yang harus dimiliki dan berdampak vital di tempat kerja. Peran komunikasi yang efektif tidak cukup ditekankan saja, tapi berperan penting dalam mencapai tujuan kerja perusahaan atau organisasi untuk mencapai keberhasilan bersama.

Komunikasi yang lemah hanya akan meninggalkan kesalahpahaman. Untuk itu, melakukan feedback menjadi sangat penting karena dapat membantu Anda memahami apakah pesan Anda telah dimengerti dengan baik atau tidak oleh rekan kerja. Bila pesannya tidak sampai, aksi korektif dapat diambil di waktu yang sama agar tidak memperburuk suasana.

Sapa Teman Kerja Tiap Hari

Ini adalah cara paling mudah untuk membangun hubungan positif dengan rekan kerja. Menyapa mereka terdengar seperti hal yang biasa, namun positif bila dilakukan tiap hari agar masing-masing tidak merasa diabaikan. Anda akan terkejut dengan hasil dari kebiasaan ini. Menjadi rendah hati tidak akan menyakiti siapapun. Agar hasilnya positif, lakukanlah kontak mata dengan rekan kerja untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

Lakukan Kebiasaan Bekerja Mandiri

Sumber : flengineeringdesign

Ketika Anda bekerja, terimalah kenyataan bila Anda tidak akan pernah mendapatkan perilaku seperti dimanjakan layaknya di rumah. Tidak ada seorang pun di tempat kerja yang akan membangunkan Anda di pagi hari atau selalu ada untuk mendengarkan keluhan dan teriakan, atau terus-menerus menjawab pertanyaan Anda. Jadi, jangan manja! Lakukan apapun di tempat kerja dengan profesional dan mandiri.

Perlakukan Semua Orang dengan Setara

Bila Anda adalah anggota tim dan ingin membangun hubungan positif dengan rekan kerja, maka memperlakukan semua orang dengan setara karena Anda tidak dapat menentukan siapa yang lebih baik dan siapa yang tidak. Jika tidak, hal ini hanya akan menempatkan Anda pada situasi yang lebih sulit dan tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Juga, hindari bergosip dengan berbicara buruk di belakang teman Anda karena Anda tidak bisa serta-merta percaya pada satu rekan kerja. Bisa saja ketika ia sedang kesal pada Anda, teman Anda tersebut akan menceritakan keburukan Anda pada orang lain. Oleh karena itu, selalu jaga sikap bila ingin selalu bisa membangun hubungan positif di tempat kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here