Anti Stres, Membebaskan Pikiran dari Pekerjaan Perlu Kamu Lakukan

Stres yang dirasakan karyawan bisa menyebabkan produktivitas menurun. Kalau sudah begini, kinerja karyawan dan tim pun menurun. Sehingga, target-target yang sudah ditetapkan sulit untuk dicapai. Oleh karena itu, karyawan perlu membebaskan pikirannya dari pekerjaan untuk sementara waktu agar terhindar dari stres.

Membebaskan pikiran dari pekerjaan bukan hanya untuk mengurangi stres. Lebih dari itu, hal itu juga merupakan bagian dari work-life balance, yaitu keadaan antara kegiatan bekerja dan menikmati hidup bisa seimbang.

Agar bisa membebaskan pikiran dari pekerjaan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu,

Menghindari Stres dengan Tidak Membawa Pekerjaan ke Rumah

Membawa pekerjaan ke rumah akan membuat dirimu merasa ingin menuntaskan pekerjaan yang belum diselesaikan. Awalnya mungkin kamu hanya ingin melihatnya sebentar saja. Tapi, selanjutnya, kamu mulai mengerjakan pekerjaan itu di rumah. Tanpa kamu sadari kamu telah selesai mengerjakannya.

Jika ada lebih dari satu tugas atau pekerjaan, maka waktu, energi dan pikiranmu bisa tersita untuk pekerjaan. Di saat itulah stres mulai menghampiri.

Tidak Bekerja di Luar Jam Kantor

Menolak tugas dari atasan mungkin sulit untuk dilakukan. Apalagi kalau tugas itu diberikan di luar jam kantor. Tapi, kalau kamu ingin membebaskan pikiran dari stres, kamu harus berani menolak pekerjaan yang diberikan atasan atau rekan kerja di luar jam kantor.

Terlebih jika pekerjaan itu bisa ditunda penyelesaiannya. Sebaliknya, waktu luang yang kamu miliki bisa kamu gunakan untuk bersantai bersama keluarga. Atau untuk menyalurkan hobi dan kegemaran.

Baca Juga: Work-life Balance Gampang Banget Dicapai, asal Kamu Punya 5 Hal Ini

Menjauhi Ponsel dan Komputer untuk Membebaskan Pikiran dari Pekerjaan

Ponsel bisa membuat kamu kembali memikirkan pekerjaan meskipun sudah di rumah. Pasalnya, ada banyak aplikasi kerja di ponsel yang kamu gunakan. Semisal, kalender, to do list, dan lain-lain. Belum lagi kalau kamu tiba-tiba mendapat pesan singkat dari atasan atau rekan kerja perihal pekerjaan. Oleh karena itu, untuk membebaskan pikiran dari pekerjaan, kamu harus menjauhi ponsel.

Selain ponsel, kamu juga harus menjauhi komputer atau laptop. Meski awalnya kamu hanya ingin browsing, tanpa kamu sadari kamu mulai mengintip pekerjaan atau tugas-tugas yang belum kamu selesaikan.

Menikmati Kegiatan Lain di Luar Jam Kerja

Agar bisa terbebas dari stres kamu juga sebaiknya memiliki kegiatan lain di luar jam kerja kantor. Pasalnya, kalau kamu memiliki banyak waktu luang tapi tidak mengisinya dengan kegiatan, kemungkinan besar kamu akan kembali ke pekerjaan kantor.

Ada baiknya kegiatan di luar jam kerja kantor ini merupakan kegiatan yang kamu gemari. Selain itu dalam melakukannya tidak menyita pikiran dan energi.

Kalau kamu bisa membebaskan pikiran dari pekerjaan di luar jam kantor, kamu akan mudah terhindar dari stres. Dengan begitu, saat kamu kembali ke kantor, kamu akan bekerja dengan lebih produktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here