Cara Membersihkan Smartphone agar Bebas dari Ancaman Kuman

Dengan meningkatnya kasus coronavirus di seluruh dunia, menjaga kebersihan diri adalah Langkah yang sangat penting. Tak hanya mencuci tangan, kita juga harus rutin membersihkan benda-benda yang sering kita sentuh, salah satunya ponsel. Ada cara membersihkan smartphone yang perlu kamu perhatikan supaya kamu bisa terbebas dari ancaman kuman atau virus.

Mengetahui cara membersihkan smartphone juga penting sebagai tindakan pencegahan yang jauh lebih efektif daripada menggunakan masker wajah. Orang-orang bisa menyentuh ponsel mereka ratusan kali sehari, itu berarti berpotensi mengekspos dirimu pada kuman atau virus yang mungkin menempel di permukaannya.

Seberapa Perlu Mengetahui Cara Membersihkan Smartphone yang Benar?

Bahkan sebelum wabah COVID-19 ada, ponsel terbukti menjadi benda yang sangat kotor. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Germs mengamati 27 ponsel yang dimiliki oleh remaja, dan menemukan “kontaminasi bakteri” pada semua ponsel.

Permukaan bisa menjadi tempat hinggapnya virus, dan beberapa di antaranya bertahan lebih lama dari yang lain. Tidak hanya sangat menular, hanya dibutuhkan sedikit virus untuk kemudian menyebabkan kamu sakit.

Cara Membersihkan Smartphone Sekaligus Mendisinfeksinya

Perlu diingat bahwa beberapa disinfektan seperti pemutih rumah tangga yang diencerkan tidak cocok dengan elektronik. Menurut Apple, banyak produk pembersih dan bahan abrasif akan mengurangi lapisan tahan sidik jari yang membuat ponsel tidak bekerja saat disentuh. Nah, begini cara membersihkan smartphone yang benar:

Matikan Dahulu

Sebelum melakukan pembersihan, matikan ponsel dan cabut dari pengisi daya.

Baca Juga: Seberapa Penting Penyemprotan Desinfektan untuk Membunuh Virus?

Pilih Kain Mikrofiber

Kain yang dirancang khusus ini memiliki lebih banyak serat daripada jenis kain lainnya, dan sebagai hasilnya, dapat mengambil lebih banyak partikel mikroskopis, termasuk bakteri dan virus.

Meski ini tidak berarti bisa membunuh mereka, namun kamu bisa mengangkatnya dari permukaan tanpa menggunakan air. Anggap saja sebagai magnet virus kecil. Karena itu, pastikan untuk mensterilkan kain sebelum menggunakannya lagi.

Menggosokan Alkohol Juga Bisa Menjadi Cara Membersihkan Smartphone

Jika ponsel sangat kotor, atau kamu tidak memiliki kain mikrofiber, cara membersihkan smartphone selanjutnya adalah mendesinfeksinya dengan sekitar 60 persen air dan 40 persen alkohol. Gunakan sudut kecil kain untuk membersihkan telepon dengan lembut. Segera gunakan bagian kain yang kering segera sesudahnya.

Jangan menyemprotkan alkohol langsung ke ponsel, dan pastikan untuk mencairkannya. Menggunakan sabun dan air biasa juga berfungsi, namun pastikan kain sudah diperas agar tidak merusak ponsel.

Jangan Menggunakan Produk Abrasif

Menggunakan pelindung layar sangat membantu jika kamu ingin menggunakan jenis produk pembersih lainnya, tetapi jika kamu tidak memilikinya, hindari menggunakan produk dengan bahan-bahan yang akan mempengaruhi lapisan layar ponsel. Ini termasuk pembersih jendela, cuka, dan hidrogen peroksida.

Jaga Kebersihan Ponsel

Selain itu, berhati-hatilah dengan cara menggunakan ponsel, terutama di area penuh kuman seperti toilet umum. Ponsel dapat menempelkan apa pun yang ada di permukaan itu, jadi, jaga dengan baik ponselmu.

Itulah cara membersihkan smartphone yang disarankan, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here