Cara Praktis Memilih Lowongan CPNS yang Tepat Bagi Anda

lowongan cpns
Sumber: kompas.com

Memilih lowongan CPNS yang tepat bisa jadi adalah adalah perjuangan yang tidak mudah bagi mereka yang tidak menemukan gairahnya. Padahal sebenarnya, jika Anda tahu cara memilih lowongan CPNS yang sesuai, maka Anda akan rela berjuang dengan mencari lowongan PNS yang Anda cintai. Berikut adalah cara memilih lowongan CPNS yang sesuai bagi diri Anda.

Cara Memilih Lowongan CPNS yang Tepat

1. Jika Anda Masih Bekerja, Pastikan Anda Diterima Tes Dulu

tes kerja

Banyak orang membenci pekerjaan mereka dan tahu bahwa mereka ingin menjadi PNS. Tapi, mereka akhirnya tetap bekerja meski benci pekerjaan mereka. Alasan utama mereka untuk tidak meninggalkan pekerjaannya adalah bahwa mereka belum benar-benar mendapatkan lowongan CPNS yang mereka inginkan. Pemikiran ini bisa menyengsarakan karena Anda tidak akan belajar atau menemukan lowongan CPNS yang ideal.

Namun, jangan meninggalkan pekerjaan tanpa mengetahui bahwa Anda diterima karena langkah selanjutnya menjadi mendesak. Semua bisa menjadi sedikit tidak nyaman karena akhirnya Anda terpaksa harus memilih lowongan CPNS mana saja yang terbuka.

2. Ikuti Rasa Penasaran Anda

ikuti penasaran

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki visi yang jelas untuk karir Anda sebagai PNS, Anda mungkin ingin tahu tentang hal-hal yang tidak atau mungkin belum jelas bagi Anda. Sangat penting untuk mengikuti rasa ingin tahu Anda mengenai lowongan CPNS. Alasan penting adalah motivasi unik ini yang memisahkan Anda dari orang lain.  Seringkali, mengikuti rasa penasaran Anda dengan memasukan lamaran pada lowongan CPNS ini akan menjadi hal yang tidak muncul secara pragmatis. Malah, kadang-kadang mungkin tampak benar-benar sembrono. Sebuah contoh klasik adalah rasa ingin tahu Steve Jobs dalam ilmu tipografi yang menyebabkan dia ingin menghadiri kelas tipografi yang tampaknya tidak berguna. Kelas ini ternyata mengembangkan kepekaannya dalam hal desain. Kemudian, kepekaan ini menjadi bagian penting dari komputer Apple dan pembeda inti Apple di pasar. Sama halnya dengan posisi CPNS, jika Anda penasaran dengan satu posisi, masukan lamaran dan siapkan diri Anda.

3. Jangan Jadikan Uang Pertimbangan Utama Anda

pertimbangan uang

Jika Anda ingin menghabiskan hidup Anda melakukan sesuatu yang Anda cintai, cara terbaik untuk memulai adalah untuk mengobati masalah keuangan terlebih dulu. Jika berapa banyak uang yang Anda peroleh adalah kriteria utama Anda, Anda akan langsung membatasi pilihan Anda untuk masa depan. Pada akhirnya, mendapatkan pekerjaan melalui lowongan CPNS yang Anda cintai akan menjadi sulit. Tahu mengapa? Karena Anda Pegawai Negeri Sipil yang bertugas melayani.

Apakah bisa menghubungkan jabatan PNS dengan minat Anda dan motivasi yang unik? Tentu saja. Hal ini memberi Anda kekuatan dalam bidang yang Anda pilih meski berprofesi sebagai PNS. Bagi orang lain, apa yang Anda lakukan mungkin tampak seperti sebuah tugas besar, tapi bagi Anda bahkan tidak akan berasa seperti pekerjaan. Dan pada akhirnya, Anda akan mencintai tugas Anda.

4. Jangan Membatasi Diri

senioritas

Dalam dunia PNS, terdapat mitos mengenai senioritas. Tapi, itu masa lalu. Sudah banyak posisi-posisi dalam lowongan CPNS yang revolusioner dan menantang para pendatang baru di dunia pegawai negeri sipil. Anda tetap harus menghormati senior Anda, atau dalam kata lain orang yang lebih lama bekerja dalam instansi tersebut. Tetaplah santun. Jangan menambahkan kata “Junior” kepada diri Anda sendiri. Meskipun cara ini dapat membatasi jumlah tanggung jawab yang Anda ambil, serta membatasi orang lain dalam memberikan tugas kepada Anda. Di sisi lain, jika Anda ingin berkarir di dunia PNS, maka jangan bersembunyi di balik keyakinan bahwa orang lain perlu memberdayakan Anda untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan.