Meminta Promosi Saat Pandemi, Boleh Nggak Sih?

Pandemi COVID-19 sudah menyebabkan dampak negatif bagi banyak perusahaan. Sampai sekarang, sudah banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Bahkan sudah banyak perusahaan yang kondisi keuangannya terpuruk hingga harus gulung tikar. Di saat-saat seperti ini, etis nggak sih jika seorang karyawan meminta promosi?

Kamu mungkin salah satu karyawan yang sudah membuat perencanaan karier sedari jauh-jauh hari. Tapi, karena ada pandemi, kamu merasa langkah kariermu jadi terhambat.

Di sisi lain, kemajuan kariermu bergantung pada promosi yang diberikan perusahaan. Padahal, tidak ada seorangpun yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Karenanya, saat ini mungkin kamu bertanya pada diri sendiri, etis nggak sih kalau saya minta promosi saat pandemi seperti ini?

Ketahui Ini Sebelum Meminta Promosi di Saat Pandemi

Meminta promosi di masa pandemi sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu,

Tanggung Jawab Pekerjaan

Umumnya perusahaan akan memberikan promosi jika karyawannya sudah mengemban tanggung jawab yang lebih besar. Atau, karyawannya sudah bekerja di luar job-desc nya.

Jika kamu sudah melakukannya sebelum pandemi hingga saat ini, maka tidak ada salahnya untuk meminta promosi. Kamu juga bisa memintanya jika job-desc mu bertambah karena adanya pandemi.

Keadaan Keuangan Perusahaan

Memberikan promosi berarti menaikkan gaji. Perusahaan tentu tidak bisa melakukannya jika kondisi sedang merugi. Oleh karenanya, sebelum meminta promosi, ketahui terlebih dahulu kondisi keuangan perusahaan.

Untuk itu, kamu bisa memperhatikan apakah ada rekan kerja yang di PHK, dirumahkan atau ada pemotongan gaji. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan keadaan industri dimana perusahaan beroperasi.

Performa Kerja

Perusahaan umumnya melakukan performance review dalam kurun waktu tertentu. Semisal, setahun sekali. Jika perusahaan melakukannya dan kondisi lainnya memungkinkan, ini merupakan saat yang tepat untuk meminta promosi. Karena kemungkinan permohonanmu diterima akan lebih besar.

Hubungan dengan Atasan

Bagaimana hubunganmu dengan atasan? Jika hubungan kerjamu dengan atasan tidak harmonis, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk meminta promosi.

Sebaliknya, jika hubunganmu harmonis, tidak ada salahnya untuk mengajukan permohonan promosi. Apalagi jika kamu sering mendiskusikan perkembangan karier serta tantangan dan kesempatan yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya.

Baca Juga: Akselerasi Karier: 5 Trik Promosi Diri Saat Bekerja di Kantor

Langkah-Langkah Mengajukan Promosi

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, ada baiknya jika kamu juga melakukan langkah-langkah ini.

Self Assessment

Perusahaan tidak akan mempromosikan karyawan yang tidak memberikan nilai. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Karenanya, kamu harus melakukan self-assessment. Caranya, dengan menjawab beberapa pertanyaan ini.

  • Apakah saya karyawan yang berharga di mata perusahaan?
  • Seperti apa reputasi saya di mata rekan kerja dan perusahaan?
  • Kualitas seperti apa yang diprioritaskan dan dihargai oleh perusahaan?

Memerbaiki Hubungan Kerja

Langkah berikutnya, tidak ada salahnya untuk memperbaiki kualitas hubungan kerja. Baik dengan atasan, rekan kerja yang setara maupun bawahan.

Seperti diketahui, di saat-saat seperti ini karyawan jarang bertatap muka karena adanya pandemi. Promosi akan lebih mudah disetujui jika situasi hubungan kerja harmonis.

Memastikan Tujuan Karier

Pastikan tujuan kariermu. Selain itu, pastikan kontribusi apa yang bisa kamu berikan pada tim atau perusahaan.

Persiapkan Informasi dan Data

Meminta promosi berarti meminta tanggung jawab yang lebih besar. Jika kamu tidak mengetahui tanggung jawab atau kontribusi apa yang bisa diberikan, perusahaan tentu tidak bersedia menyetujui permohonanmu. Untuk itu, persiapkan, informasi dan data yang lengkap mengenai target atau pencapaian yang bisa kamu dapatkan.

Meminta Promosi

Kalau beberapa hal di atas sudah dilakukan, saatnya kamu meminta promosi. Lakukan ini dengan cara yang bijak. Yakinkan atasan keuntungan apa yang akan didapatkan perusahaan jika ia mempromosikanmu. Selain itu, sampaikan pula hal positif apa yang akan kamu dapatkan sebagai karyawan yang sedang meniti karir di perusahaan.

Meminta promosi saat pandemi memang terdengar kurang etis. Namun, jika kamu punya kemampuan, mampu memberikan kontribusi serta kondisi perusahaan memungkinkan, hal itu boleh-boleh saja dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here