Bagaimana Caranya Mempromosikan Diri kepada HRD Jika Tak Punya Pengalaman yang Cukup?

10
mempromosikan diri kepada HRD
Sumber: europeanfundingguide

Siapa pun pasti pernah menemukan lowongan pekerjaan yang sangat sempurna untuk mereka: hanya saja deskripsi pekerjaannya menuliskan segala kualifikasi dan pengalaman yang tidak dimiliki. Dan jika ini terjadi pada Anda, maka Anda mungkin jadi merasa ragu untuk melamar karena tidak tahu bagaimana caranya mempromosikan diri kepada HRD pada situasi seperti ini.

Namun, bahkan jika Anda tidak memenuhi semua persyaratan, Anda masih harus melamar. Mengapa? Karena bisa jadi masih ada kata kunci di CV dan surat lamaran Anda yang membuat HRD tertarik atau terkesan. Kuncinya adalah mendapatkan undangan waawancara, setelah pintu ini terbuka, langkah Anda akan menjadi lebih mudah. Namun, bagaimana caranya Anda mempromosikan diri kepada HRD baik melalui CV dan surat lamaran maupun pada saat wawancara? Begini caranya untuk mengkompensasi kurangnya pengalaman Anda.

Begini Seharusnya Cara Anda Mempromosikan Diri kepada HRD

Kustomisasi CV Anda dengan Istilah-Istilah Kunci

cv yang efektif

Jika Anda tidak memiliki kualifikasi yang cukup untuk melamar sebuah pekerjaan, maka satu hal yang harus Anda hindari adalah melamar dengan resume yang generik. Jika Anda sudah ada pada posisi yang tidak menguntungkan, maka Anda seharusnya tidak menggali lubang yang lebih dalam lagi. Sebaiknya, Anda membaca iklan lowongan pekerjaan tersebut dengan seksama, berfokus pada persyaratan, dan kualifikasi yang sedang dicari oleh perusahaan. Jika pengalaman-pengalaman Anda ada yang cocok dengan istilah-istilah tersebut, maka coba lihatlah kata kerja yang digunakan. Kemudian, letakkan kata-kata tersebut pada resume Anda. Jika Anda melakukan ini, maka Anda akan berhasil melewati saringan pertama, baik melalui mesin ataupun manusia.

Jadilah Menonjol dengan Media Sosial

pantangan media sosial
Sumber: workopolis

Kadang-kadang, yang dibutuhkan untuk bisa masuk pada radar HRD adalah sekedar pengenalan terhadap nama. Jika seorang HRD atau perekrut perusahaan mengenali nama Anda, maka akan lebh mudah untuk menarik perhatian mereka dan mempromosikan diri kepada HRD. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah lewat media sosial. Jadi, sebelum Anda melamar, gunakan kehadiran Anda di media sosial untuk berinteraksi dengan beragam aspek pada perushaan. Misalnya, Anda bisa berkomentar dan membagikan tulisan di blog perusahaan atau di aktivitas media sosial mereka. Dengan ini, pihak perusahaan akan jadi familiar dengan nama Anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengurangi Distraksi Media Sosial agar Tak Menghambat Produktivitas?

Miliki Elevator Pitch

Sukses Wawancara Kerja Dengan Memiliki Rasa Percaya Diri di Depan Pewawancara
Sumber: Social.hays

Saat mempromosikan diri kepada HRD perusahaan, sangat penting memiliki sebuah elevator pitch yang efektif. Sebuah elevator pitch adalah ringkasan dari pengalaman Anda yang bisa Anda sebutkan dengan cepat, karena itu disebut elevator karena seharusnya bisa mengangkat Anda dalam waktu singkat. Ringkasan ini menggambarkan mengapa Anda adalah kandidat yang sempurna untuk pekerjaan tersebut. Ringkasan ini harus berisi apa yang sudah Anda kerjakan, apa yang sedang Anda kerjakan, dan apa yang ingin Anda lakukan di masa depan. Biasanya, Anda akan menggunakan elevator pitch sebagai jawaban untuk pertanyaan wawancara “ceritakan tentang diri Anda.” Karena itu, siapkanlah elevator pitch Anda. Dua menit adalah waktu yang ideal.

Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan Diri
Sumber : bodylanguagetrainer

Bahkan meskipun Anda meyakini bahwa Anda tidak memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, jangan sampai pewawancara atau HRD melihat kekhawatiran Anda ini. Terlihat percaya diri adalah kunci ketika Anda mempromosikan diri kepada HRD, bahkan, pada semua interaksi pofesional. Banyak profesional yang berhasil memuncak tangga karir dengan bertingkah dan berbicara seolah mereka percaya diri. Jadi, bicaralah dengan gaya yang jelas dan percaya diri agar Anda nampak kharismatik.

Selamat mencoba!