Cara Sederhana yang Dapat Anda Lakukan untuk Memutihkan Gigi Kekuningan secara Alami

memutihkan gigi kekuningan
Sumber: Thealternativedaily

Anda tentu sering melihat banyak artis yang memamerkan gigi-gigi putih mereka di televisi setelah melakukan treatment veneer gigi. Fenomena ini pun membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya. Namun, tidak murah untuk melakukan treatment gigi tersebut. Nah, bila Anda ingin memutihkan gigi kekuningan secara alami sehingga aman tanpa efek samping, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Untuk tahu lebih lengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Cara Memutihkan Gigi Kekuningan secara Alami

Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Baking Soda

Baking soda memiliki sifat pemutih alami dan karena itulah kenapa bahan ini cukup populer digunakan dalam pasta gigi. Baking soda juga memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu membersihkan bekas noda pada gigi. Ditambah lagi, baking soda dapat menciptakan lingkungan alkalin pada mulut yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Yang perlu Anda tahu adalah memutihkan gigi kekuningan dengan baking soda tidak dapat dilakukan dalam waktu semalam. Namun Anda akan dapat melihat perubahan warna gigi selama beberapa minggu. Sains memang tidak memiliki bukti bahwa menyikat gigi hanya dengan baking soda akan memutihkan gigi, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi dengan baking soda memiliki efek memutihkan yang cukup signifikan.

Baca Juga: Ingin Gigi Putih Bersinar? Cobalah untuk Konsumsi Jenis Makanan Ini

Salah satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif untuk menghilangkan noda kekuningan pada gigi daripada pasta gigi standar tanpa baking soda. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin besar pula pengaruhnya. Untuk menggunakan ramuan ini, Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air dan sikat gigi Anda dengan pasta. Lakukanlah cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Menggunakan Cuka Sari Apel

tubuh sehat dan langsing
Sumber: erabaru

Cuka sari apel telah lama digunakan sebagai disinfektan dan pembersih alami. Asam asetat yang terkandung di dalamnya merupakan bahan aktif utama yang efektif untuk membunuh bakteri. Sifat anti bakteri dari cuka ini membuatnya bermanfaat untuk memutihkan gigi kekuningan. Dalam salah satu studi yang dilakukan pada gigi sapi, ditemukan bahwa cuka sari apel dapat memberi efek pemutih pada gigi.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa asam asetet yang terkandung dalam cuka sari apel memiliki potensi untuk mengikis enamel gigi. Dan untuk alasan ini, Anda tidak direkomendasikan untuk menggunakannya tiap hari. Anda perlu membatasi jumlah waktu saat cuka sari apel berinteraksi dengan gigi Anda. Untuk memakainya sebagai mouthwash, encerkanlah terlebih dulu dengan air dan gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Setelah itu, pastikan Anda membilasnya dengan air tawar biasa.

Menggunakan Buah-Buahan

Ada beberapa jenis buah yang diketahui dapat membantu memutihkan gigi yang berwarna kekuningan, yaitu:

1. Stroberi

Sumber : tribunnews

Memutihkan gigi kekuningan dengan campuran stroberi dan baking soda cukup sering dilakukan oleh para selebritis. Pendukung metode ini mengklaim bahwa asam malat yang terkandung dalam stroberi akan merubah warna gigi, sementara baking soda akan menghilangkan noda pada gigi. Biarpun begitu, ramuan ini masih belum sepenuhnya didukung oleh sains. Untuk melakukan cara ini, hancurkan stroberi segar dan campurkan dengan baking soda, lalu gunakan untuk menggosok gigi Anda.

2. Nanas

Beberapa klaim menyatakan bila buah nanas juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi kekuningan. Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, sebuah enzim yang ditemukan dalam nanas secara signifikan dan lebih efektif menghilangkan noda gigi dibandingkan dengan pasta gigi biasa. Biarpun begitu, masih belum ada bukti ilmiah yang menyatakan jika makan produk buah nanas memberi efek sama.