Kamu Tertarik Mendapatkan BLT Karyawan Swasta? Begini Caranya

Kalau kamu berstatus karyawan, kamu berkesempatan mendapatkan BLT alias bantuan langsung tunai lho. Tapi kamu harus berstatus sebagai karyawan swasta. BLT karyawan swasta ini besarnya Rp600 ribu per bulan.

Pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan ataupun pemilik bisnis harus merumahkan karyawannya. Sedangkan perusahaan yang lain terpaksa harus mengurangi gaji karyawan ataupun biaya operasionalnya agar bisa terus berjalan.

Untuk meringankan beban perusahaan swasta dan karyawannya, pemerintah mengeluarkan BLT bagi karyawan swasta. Harapannya, dengan adanya BLT ini perusahaan tidak perlu merumahkan karyawannya.

Selain itu, dengan adanya bantuan ini masyarakat bisa tetap berbelanja. Sehingga, roda perekonomian bisa tetap berputar dan bisa mendorong pemulihan ekonomi.

Mekanisme Pemberian BLT

Pemerintah memberikan BLT karyawan swasta selama empat bulan. Jadi, jumlah total yang bisa kamu terima adalah Rp2,4 juta. Namun, kamu tidak langsung menerima BLT sebanyak Rp600 ribu setiap bulannya. Dari total yang diberikan, akan dibagi dua, yaitu masing-masing sebesar Rp1,2 juta. Sedangkan waktu penerimaannya adalah dua bulan sekali. Lumayan kan?

Bagi kamu yang gajinya dikurangi oleh perusahaan karena pandemi COVID-19, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini. Sehingga kamu tetap bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. Tapi, bagi kamu yang berminat, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Begini Syarat & Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Persyaratan Mendapatkan BLT Karyawan Swasta

Persyaratan pertama tentu saja kamu harus merupakan Warga Negara Indonesia. Selain itu, kamu merupakan karyawan swasta, Jadi, buat yang pegawai negeri atau bekerja di BUMN, kamu tidak bisa mendapatkan BLT ini.

Syarat berikutnya, jumlah gaji yang biasanya diterima setiap bulannya tidak lebih dari Rp5 juta. Kamu juga harus sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan membayar iuran sampai dengan bulan Juni 2020. Selain itu, bukan merupakan penerima manfaat program Kartu Prakerja. Mudah kan persyaratannya?

Kalau kamu memiliki rekening bank aktif, BTL karyawan swasta tersebut bisa kamu terima lewat bank yang menjadi anggota Himbara, alias Himpunan Bank Milik Negara.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengeluarkan pula bantuan untuk karyawan yang terkena PHK. Dengan begitu mereka yang sudah menerima bantuan tersebut tidak lagi berhak mendapatkan BLT Karyawan Swasta.

Buat kamu yang tidak bisa memenuhi persyaratan BLT Karyawan Swasta, kamu bisa mencek apakah kamu sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika terdaftar, kamu bisa mendapatkan beberapa jenis bantuan lain dari pemerintah atau bantuan yang merupakan bagian dari program Kartu Prakerja.

1 COMMENT

  1. Kepada Yth.Bapak/Ibu HRD/Personalia di tempat di setiap perusahaan,saya sudah lama masuk di situs Job-like ini,dengan alasan ingin mencari pekerjaan,mencari lowongan yang sesuai dengan saya,tapi semua tidak mudah,tapi saya cuma meminta berikan saya solusi untuk mendapat kan pekerjaan yang mudah di baca oleh HRD Atau Personalia di setiap perusahaan,sudah banyak yang saya lamar pekerjaan lewat situs job-like ini,sampai skrang blm ada panggilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here