5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendemosi Karyawan

Sumber: peoplespheres.com

Di dalam perusahaan, demosi merupakan keputusan yang terkadang harus dilakukan. Namun, pada dasarnya, tidak ada seorangpun yang ingin dipindahkan ke posisi yang lebih rendah. Karenanya, atasan atau HRD harus memperhatikan cara melakukan demosi agar tidak menimbulkan efek yang negatif bagi karyawan.

Atasan atau HRD harus bisa mempertahankan moral karyawan saat melakukan demosi. Pasalnya, efek negatif dari demosi bisa beragam. Di antaranya, karyawan kehilangan motivasi kerja atau karyawan memutuskan untuk resign.

Sementara, perusahaan juga punya alasan kuat untuk melakukan demosi, seperti mencegah penurunan kinerja, mengurangi pengeluaran gaji dan restrukturisasi.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat mendemosi karyawan?

Evaluasi Alasan Melakukan Demosi

Kamu harus mengevaluasi kembali apa alasan melakukan demosi. Apakah itu merupakan alasan kuat untuk melakukan demosi. Selain itu, kamu juga harus yakin demosi yang dilakukan akan benar-benar menyelesaikan masalah.

Kabarkan Keputusan Demosi Dengan Bijak

Sampaikan dengan bijak kabar bahwa kamu akan mendemosi karyawan. Kamu bisa mengatakan bahwa atasan atau HRD tengah berupaya mencarikan posisi yang cocok untuknya. Selain itu, sampaikan pujian untuk hasil kerjanya di posisi yang lama.

Baca Juga: Jangan Lupa Menyiapkan 5 Hal Ini Jika Mengalami Mutasi Kerja ke Luar Kota

Lakukan Pendekatan dengan Karyawan

Karyawan yang mengalami demosi tentu berada pada situasi yang negatif dan tidak menentu. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pembicaraan empat mata untuk mengetahui efek dari demosi, dan bagaimana mengatasinya.

Memberikan Akses ke Pekerjaan Penting

Salah satu cara untuk membangkitkan kembali moral dan motivasi karyawan yang didemosi adalah dengan memberinya pekerjaan yang penting. Dengan begitu, kamu menunjukkan bahwa perusahaan masih membutuhkan karyawan yang bersangkutan.

Memantau Karyawan Setelah Demosi

Pantaulah keadaan karyawan setelah demosi. Apakah ia menerima keputusan demosi dengan baik? Atau, apakah kinerjanya menurun karena demosi? Kalau ada pekerjaan yang diserahkan padanya, persiapkan karyawan lain untuk menggantikan jika sewaktu-waktu karyawan yang didemosi memutuskan untuk resign.

Menerapkan cara melakukan demosi yang baik akan menjaga semangat kerja karyawan. Selain itu, kamu juga memastikan masa transisi berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here