Seperti Ini Caranya Mendesain Program Magang Sukses dalam 6 Langkah Mudah

program magang
sumber: medium

Program magang adalah kesempatan yang sangat baik bagi para mahasiswa dan pelajar untuk mengembangkan keahlian, mendapatkan pengetahuan industri, dan mempersiapkan masa depan mereka setelah kelulusan. Program-program ini juga memberikan karyawan yang sudah ada kesempatan untuk menjadi mentor. Bahkan, mereka bisa mengubah ini menjadi alat untuk mendapatkan sumber-sumber terbaik mendapatkan talenta baru di organisasi Anda.

Namun, program magang yang hebat tidak terjadi begitu saja. Anda butuh perencanaan dan koordinasi. Lakukan enam langkah berikut ini agar Anda bisa mendesain permagangan yang sukses bagi perusahaan dan karyawan magang Anda.

Ini Langkah-Langkah untuk Mendesain Program Magang Sempurna

Temukan Apa yang Dibutuhkan

Sumber : Meister Task

Pertama-tama, temukan departemen atau tim apa yang akan sangat mendapatkan keuntungan jika mendapatkan karyawan magang. Ini juga harus merupakan jabatan dimana karyawan magang juga bisa mendapat keuntungan. Mulailah dengan menanyai para anggota tim atau manajer di perusahaan Anda apa opini mereka terhadap subjek tersebut. Apakah mereka akan merasa nyaman mendapatkan peran kementoran? Apakah mereka akan mampu melanjutkan pekerjan mereka secara efektif sembari membantu para karyawan magang tumbuh?

Baca Juga : Wahai Para Headhunter, Begini Cara Kreatif Membuat Lowongan Kerja yang Menarik!

Tentukan Durasinya

Tidak ada aturan resmi seberapa lama magang yang baik seharusnya berlangsung, namun yang jelas, berdasarkan perundang-undangan, Anda tidak boleh meminta seseorang untuk magang selamanya kepada Anda. Anda akan harus mempekerjakannya sebagai karyawan atau mengucapkan selamat tinggal kepada mereka pada akhir program magang. Banyak perusahaan yang mendapati bahwa permagangan pada liburan tahun ajaran baru adalah yang ideal, karena para mahasiswa tidak ada perkuliahan pada masa-masa ini sehingga bisa mendedikasikan diri sepenuhnya pada permagangan. Namun, tetap saja akan ada beberapa mahasiswa yang akan melakukan magang sekaligus kuliah, sehingga Anda sebaiknya fleksibel dengan ekspektasi jadwal.

Buat StrukturTimeline dari Tugas-Tugas Karyawan Magang

buat rencana

Semakin siap tim Anda untuk menghadapi program ini, semakin sukses pula karyawan magang Anda nantinya. Karena itu, sebelum program magang dimulai, jadwalkan timeline tugas, acara, dan pertemuan dengan atasan. Dengan cara ini, karyawan magang akan mendapatkan yang paling maksimal dari  program tersebut, begitu juga tim Anda. Pastikan Anda dan tim mengatur tugas-tugas yang masuk akal sehingga bisa dicapai selama program tersebut berlangsung.

Selain menjelaskan dan menata tugas-tugas sebelumnya, Anda sebaiknya juga membuat penjelasan peraturan dan ekspektasi sehingga tim dan karyawan magang sama-sama tahu apa yang diharapkan dari program tersebut.

Libatkan Karyawan Magang

magang demi jenjang karier

Jangan berasumsi bahwa sang karyawan magang tahu luar dan dalam dari perusahaan Anda serta apa peran-peran mereka ketika baru mulai. Mereka akan jelas butuh lebih banyak panduan dan pelatihan dibanding karyawan baru biasa. Lagipula, sebagian besar karyawan magang tidak pernah menjadi bagian dari tim kerja profesional sebelumnya.

Luangkan waktu setiap minggu untuk berdiskusi dengan karyawan magang mengenai apa yang mereka kerjakan, apa yang mereka pelajari, dan bantuan apa yang mungkin mereka butuhkan. Bicarakan mengenai gol-gol mereka dan bagaimana proyek mereka berjalan. Jika bisa, rotasikan mereka sehingga bisa merasakan berbagai departemen selama program itu berlangsung.

Minta Umpan Balik

menyampaikan umpan balik
Sumber: caba

Ketika program magang hampir berakhir, duduklah dengan sang karyawan dan anggota dari tim inti untuk mendiskusikan pengalaman tersebut. Tanyakan karyawan magang mengenai umpan balik baik positif maupun negatif terhadap program tersebut dan dengarkan ide-ide yang mungkin dimiliki mereka untuk membuat perkembangan. Ingat umpan balik itu baik-baik untuk karyawan magang berikutnya dan jika bisa, terapkan perubahan yang disarankan oleh karyawan-karyawan magang Anda.

Akhiri atau  Beri Tawaran Pekerjaan

diperhatikan petinggi perusahaan
sumber: samanage

Setelah Anda, tim, dan sang karyawan magang merefleksikan pengalaman tersebut, kini waktunya membuat pilihan: apakah Anda akan berpisah atau apakah Anda akan menawarkan sang karyawan amgang posisi di perusahaan Anda setelah lulus? Tak peduli akan menawarkan sang karyawan magang bantuan atau tidak, ini juga merupakan kesempatan Anda untnuk memberikan umpan balik terhadap performa sang karyawan magang. Ini adalah bagian terpenting dari program magang dan ini yang dicari-cari oleh sang karyawan magang.

Beri ide yang bisa diikuti dengan tindakan nyata agar sang karyawan bisa tumbuh sebagai seorang profesional.

Beri komentar Anda tentang artikel ini