Ingin Bisa Mengambil Keputusan Penting dengan Tepat? Begini Caranya

Selain menyelesaikan pekerjaan rutin, karyawan diharuskan mengambil keputusan saat bekerja. Terkadang, keputusan-keputusan yang diambil merupakan kebijakan strategis. Oleh karenanya, kemampuan mengambil keputusan sangatlah diperlukan, apalagi jika itu merupakan keputusan yang penting.

Keputusan yang salah bisa menyebabkan konsumen tidak mendapatkan produk/jasa dengan kualitas maksimal. Kesalahan pengambilan keputusan juga bisa menyebabkan biaya produksi membengkak atau waktu pengerjaan tertunda. Hal ini tentu merugikan perusahaan dan karyawan.

Agar bisa mengambil keputusan dengan baik, ada beberapa hal yang bisa harus diperhatikan, yaitu,

Mengetahui Tujuan Sebelum Mengambil Keputusan Penting

Sebelum mengambil keputusan yang penting, ada baiknya kamu mengetahui tujuan dari keputusan yang diambil. Jika pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah, maka kamu harus mengetahui masalah apa yang terjadi dan apa dampak dari adanya masalah tersebut. Kamu juga harus bertanya apakah keputusan yang diambil akan menyelesaikan masalah yang ada.

Baca Juga: Six Thinking Hats: Cara Efektif Mengambil Keputusan, Sudah Tahu?

Demikian pula jika keputusan diambil sebagai sebuah kebijakan. Kamu harus memastikan hasilnya bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Mengumpulkan Informasi

Seringkali kamu dihadapkan pada beberapa pilihan sebelum mengambil sebuah keputusan yang penting. Nah, agar keputusan yang diambil tepat, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak mungkin. Cobalah untuk meminta pendapat dari rekan kerja.

Hal ini penting karena bisa saja rekan kerjamu punya cara pandang yang berbeda. Informasi yang sederhana seringkali bisa menjadi informasi yang sangat penting dalam pengambilan keputusan.

Mempertimbangkan Konsekuensi

Setiap keputusan yang diambil pasti mendatangkan konsekuensi tersendiri. Oleh karenanya, sebelum mengambil keputusan penting, kamu harus mempertimbangkan konsekuensi-konsekuensi tersebut.

Selain itu, kamu sebaiknya obyektif dalam mengambil keputusan. Pilihlah keputusan hanya berdasarkan informasi yang tersedia, dan hanya berdasarkan pemahaman akan konsekuensi yang akan diterima.

Mengevaluasi Keputusan yang Diambil

Setelah mengambil keputusan yang penting, ada baiknya kamu juga mengevaluasi hasil dari keputusan tersebut. Apakah hasilnya sesuai yang diharapkan? Apakah masalah yang ada seluruhnya bisa terselesaikan? Jika tidak, kamu harus mencari tahu apa yang menyebabkan keputusan yang diambil tidak berjalan dengan baik.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Salah satunya, terlalu banyak informasi. Hal ini menyebabkan informasi menjadi bias untuk bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan. Sebaliknya, kekurangan informasi juga bisa menyebabkan keputusan yang diambil tidak tepat.

Waktu pengambilan keputusan juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Seringkali, keputusan yang diambil terlambat, atau terlalu cepat.

Dengan mengevaluasi hasil pengambilan keputusan, kamu bisa selalu meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan, terutama untuk keputusan-keputusan yang penting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here