5 Cara Terbaik Menghadapi Penolakan Kerja yang Menyakitkan

Urusan melamar pekerjaan memang tidak selalu berlangsung mulus. Bahkan, tak sedikit orang harus menghadapi pengalaman penolakan kerja yang tidak menyenangkan. Jika hal tersebut terjadi pada kamu, tentu saja semangat bekerja jadi menurun dan kepercayaan diri kian berkurang.

Namun, jangan sampai penolakan kerja tersebut berimbas pada perjalanan kariermu dalam jangka panjang. Lakukan lima cara terbaik ini untuk menghadapi penolakan dalam wawancara kerja secara bijak:

Berbesar Hati Menghadapi Penolakan

Hal pertama yang patut kamu lakukan saat menghadapi penolakan kerja adalah berbesar hati. Karena rencanamu belum tentu sejalan dengan realita yang terjadi.

Bila kamu berbesar hati dan tidak memiliki ekspektasi berlebihan, kamu tak akan merasa kecewa berat saat menghadapi penolakan kerja. Kamu harus yakin bahwa ada kesempatan kerja yang lebih baik lagi setelah mendapatkan penolakan.

Melakukan Introspeksi Diri

Ketika menghadapi penolakan kerja, jangan lupa melakukan introspeksi diri secara menyeluruh. Mungkin saja kualifikasimu memang belum memadai untuk pekerjaan yang dilamar.

Jangan lupa memperkaya diri sendiri dengan berbagai kemampuan baru agar nanti kesempatan memperoleh pekerjaan jadi semakin besar. Kamu juga patut mengoreksi Curriculum Vitae (CV) pasca gagal wawancara kerja.

Menyempurnakan Kemampuan Wawancara Kerja

Kemampuan kerja yang luar biasa kerap dianggap remeh jika tidak disertai dengan kemampuan wawancara kerja yang baik. Dalam sesi wawancara kerja, kemampuan komunikasimu akan diuji oleh tim pewawancara.

Bila kamu bisa menyampaikan informasi dengan baik dan menarik, peluang mendapatkan pekerjaan pun akan semakin besar. Jadi, alangkah lebih baik kalau kamu selalu berusaha menyempurnakan kemampuan wawancara kerja setelah menghadapi penolakan.

Melamar Pekerjaan di Bidang Lain

Bidang pekerjaan yang kamu inginkan belum tentu cocok. Mungkin saja kamu berpeluang mendapatkan pekerjaan jika melamar di bidang lain. Jangan meremehkan kemampuan diri sendiri untuk bekerja lintas bidang.

Mulailah bangkit setelah gagal dalam wawancara kerja dengan cara mencari lowongan pekerjaan di bidang lain yang tergolong baru bagimu.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 5 Hal Ini saat Menunggu Hasil Lamaran Kerja!

Jangan Lupa Istirahat Sejenak

Selama ini mungkin kamu sudah lelah mencari kerja hingga tak fokus saat menghadapi tes dan wawancara kerja. Hal ini bisa diatasi dengan cara istirahat sejenak dari aktivitas mencari kerja.

Luangkan waktu satu dua hari untuk rehat setelah gagal dalam wawancara kerja. Bila sudah selesai beristirahat sejenak, semangat akan kembali pulih dan kamu pun siap berburu pekerjaan lagi.

Jangan sampai penolakan kerja membuat kamu putus asa bahkan mengalami trauma. Menghadapi penolakan kerja secara bijak adalah awal perjalanan karier sukses di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here