Ini Lho Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat, Bye-bye Stres

Cara menghilangkan bekas jerawat menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari oleh mereka yang memiliki masalah jerawat. Banyak orang yang harus berjuang keras untuk bisa menyingkirkan jerawat. Termasuk, menyamarkan bekas jerawat yang membandel.

Apalagi bila kamu sebelumnya memiliki jerawat batu. Untuk kasus ini biasanya bekas jerawat bisa tersamarkan dalam waktu setahun. Tentu kamu tidak mau menunggu waktu terlalu lama kan? Apa yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat?

Pakai Tabir Surya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama adalah dengan rutin  memakai tabir surya atau sunscreen, terutama oil-free sunscreen apapun kondisi kulit wajahmu.

Aplikasikan tabir surya tipis-tipis sebelum kamu keluar rumah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan ini akan membuat warna bekas jerawat semakin gelap dan perlu waktu lebih lama untuk menyamarkannya.

Aplikasikan Sari Jeruk Lemon atau Minyak Zaitun

Jeruk lemon diketahui memiliki sifat pencerah kulit dan mengandung alpha hydroxyl acid (AHA). Ini adalah bahan umum yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat atau noda gelap pada kulit. Tidak hanya itu, mengaplikasikan sari lemon juga akan membuat kulit bersih dan cerah.

Untuk melakukannya, peras lemon dan masukan dalam mangkok. Larutkan dengan air bila kamu memiliki kulit sensitif. Gunakan kapas untuk aplikasikan pada bekas jerawat. Lalu biarkan mengering selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin. Kamu bisa mengulangi cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit lebih bersih. Segera aplikasikan pelembap selesai melakukannya.

Baca Juga: Masker Kain Malah Bikin Jerawat Muncul? Ini Cara Mengatasinya

Selain dengan sari lemon, cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami minyak zaitun. Tahukah kamu, bahwa minyak zaitun, terutama extra virgin olive oil mengandung antioksidan alami yang punya banyak manfaat, termasuk untuk mencerahkan kulit?

Nah, coba aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun pada area wajah dengan bekas jerawat. Lalu lakukan pijatan lembut selama beberapa menit agar minyak zaitun terserap sempurna dalam kulit. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit, baru kemudian lakukan steaming pada wajah selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan wajah dengan air.

Lakukan Eksfoliasi Kulit

Melakukan eksfoliasi penting bila kamu memiliki bekas jerawat. Ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga regenerasi sel kulit baru dapat distimulasi, serta untuk mencegah pori tersumbat.

Namun begitu, hindari menggunakan bahan keras karena hal ini hanya akan membuat permukaan kulit mengalami iritasi. Kamu bisa menggunakan mild scrub selama dua kali seminggu untuk hasil optimal.

Berkonsultasi dengan Dokter

Tidak semua bekas jerawat dapat disamarkan dengan mudah karena memang ada beberapa jenis jerawat yang membandel. Apalagi bila kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Cara menghilangkan bekas jerawat bila situasi ini terjadi adalah dengan berkonsultasi pada dokter kulit.

Biasanya, dokter kulit akan memeriksa kondisi kulit wajahmu. Apakah perlu dilakukan prosedur medis atau tidak. Atau perlukan memberikan chemical peel untuk membantu meluruhkan lapisan kulit terluar dengan lebih cepat sehingga noda bekas jerawat bisa cepat pudar. Efek samping dari prosedur ini adalah iritasi.

Efek ini biasanya akan hilang dalam waktu satu minggu dan kulit kamu menjadi lebih halus. Umumnya, cara menghilangkan bekas jerawat dengan metode ini dilakukan oleh mereka yang sudah hampir putus asa setelah melakukan berbagai cara untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here