Cara Menghindari PHK agar Kamu Tetap Dipertahankan Perusahaan

Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah momok menakutkan bagi seluruh kalangan pekerja. Apalagi krisis akibat pandemi membuat banyak perusahaan terpaksa melakukan PHK karena tak sanggup bertahan. Namun, bukan berarti hal tersebut membuatmu boleh pasrah begitu saja. Kamu bisa melakukan beberapa cara menghindari PHK supaya tetap bertahan pada pekerjaanmu saat ini.

Bila kamu konsisten melakukan beberapa cara menghindari PHK berikut ini, niscaya perusahaan akan menghargai kontribusimu:

Menjaga Produktivitas Kerja agar Selalu Stabil

Cara menghindari PHK yang pertama adalah menjaga produktivitas kerja. Isu PHK memang membuat siapapun jadi mudah khawatir dan gagal fokus. Namun, jangan sampai hal-hal negatif tersebut membuat produktivitas kerjamu jadi menurun.

Ingatlah bahwa kamu mesti senantiasa bekerja secara profesional sehingga kinerjamu benar-benar diakui perusahaan. Biasanya perusahaan cenderung mempertahankan karyawan yang produktivitas kerjanya stabil atau meningkat pesat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Terungkap! Alasan Perusahaan Melakukan PHK di Masa Pandemi

Menerima Keputusan Mutasi Perusahaan

Untuk mencegah PHK, tak sedikit perusahaan yang berusaha menerapkan kebijakan baru, salah satunya yaitu mutasi karyawan. Jadi, kamu patut mempraktikkan cara menghindari PHK dengan menerima keputusan mutasi tersebut.

Mutasi bukanlah akhir bagi jenjang kariermu. Bukan mustahil kalau jenjang kariermu justru makin cemerlang saat kamu memulai karier di tempat baru.

Menjalin Relasi yang Baik di Lingkungan Kerja

Relasi yang baik di lingkungan kerja tidak cuma memberikan aura positif bagi dirimu sendiri. Lebih dari itu, jalinan relasi tersebut juga bisa menjadi cara menghindari PHK. Perusahaan tentu ingin mempertahankan karyawan yang mampu menjalin relasi profesional dengan semua pihak yang ada di lingkungan kerja.

Kemampuan karyawan tersebut membuatnya dianggap fleksibel beradaptasi dengan perubahan lingkungan kerja sehingga produktivitas pun tetap terjaga.

Menghindari Drama dan Politik Tak Sehat di Tempat Kerja

Drama dan politik tak sehat memang tak bisa dilepaskan dari lingkungan kerja. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari drama dan politik tersebut sekaligus menempatkan diri sebagai pribadi yang netral serta profesional. Hindari kecenderungan memihak pada kelompok tertentu di tempat kerja.

Ingatlah bahwa upaya mencari aman justru bisa menjadi senjata makan tuan yang membuatmu dianggap tak layak dipertahankan sebagai karyawan. Cara menghindari PHK ini akan membuat posisimu aman karena tak rentan terpengaruh isu politik yang sedang hangat di tempat kerja.

Mudah-mudahan kamu selalu bisa mempertahankan sikap profesional dan terhindar dari risiko PHK, ya. Mari menunjukkan kemampuan kerja terbaik di perusahaan yang menghargai keberadaanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here