Ingin Tidur Berkualitas? Cobalah 5 Cara Mengoptimalkan Waktu Tidur Ini!

Mengoptimalkan Waktu Tidur
source: sooperboy.com

Mengoptimalkan waktu tidur sangat penting. Tidur bukan hanya sebagai cara untuk mengembalikan energi dan kesegaran tubuh, melainkan sebagai kebutuhan. Tidur yang berkualitas tentunya akan berdampak langsung pada tubuh Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang baik, maka tubuh pun rentan terkena berbagai masalah.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya mulailah mengoptimalkan waktu tidur malam dengan sejumlah langkah di bawah ini.

Mengoptimalkan Waktu Tidur Penting untuk Kesehatan

Nyalakan Lilin Aromaterapi

Aromaterapi merupakan salah satu bahan yang bisa membantu menstimulasi otak lebih relaks. Tidak hanya memiliki aroma yang harum, tetapi juga menenangkan. Secara psikologis, seseorang akan bisa melupakan beban pikiran terhadap sesuatu, entah itu masalah pekerjaan, kuliah, asmara, atau urusan lain.

Saat pikiran tenang dan tanpa beban, maka kemungkinan untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas semakin tinggi. Pilihlah aromaterapi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aromaterapi

Baca Juga: Beberapa Minuman Sehat Ini Dipercaya Efektif Membantu Anda Tidur Nyenyak

Matikan Semua Alat Elektronik 

Saat ini, hampir seluruh rumah memiliki TV, komputer, laptop, smartphone, dan aneka perlengkapan bercahaya biru lainnya. Yang dimaksud dengan cahaya biru adalah semua sinar yang dipancarkan oleh gadget.

Ketika bekerja, tak jarang orang mengalami kelelahan hingga tertidur padahal komputer atau laptop masih menyala. Oleh karenanya, sebisa mungkin Anda hindari hal ini karena cahaya biru dapat merusak mata dan saraf meskipun tidak digunakan.

Untuk mengoptimalkan waktu tidur, sangat penting untuk menghindari peralatan tersebut. Meski dengan embel-embel urgent dan sebagainya. Matikan juga fitur getar pada smartphone karena bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Dinginkan Ruangan

Berdasarkan penelitian, orang-orang yang tinggal di kamar dengan suhu tinggi akan lebih mudah kehilangan kualitas tidur. Mengapa? Karena di dalam ruangan yang panas seseorang mudah gelisah dan berkeringat. Hal ini memicu ketidaknyamanan sehingga menyebabkan tidur seseorang kurang berkualitas.

source: cnnindonesia.com

Blokir Semua Cahaya

Blokir semua cahaya yang masuk, utamanya dari jendela ruangan. Anda bisa memanfaatkan gorden untuk membuat cahaya ruangan lebih nyaman. Menurut penelitian, ruangan yang gelap lebih cepat membuat Anda relaks sehingga waktu tidur pun lebih baik.

Cara lain yang bisa Anda pilih adalah meggunakan lampu tidur yang temaram di dalam kamar. Jangan gunakan lampu yang terlalu terang karena akan membuat Anda terjaga. Dengan cahaya ramah untuk penglihatan, Anda bisa mengoptimalkan waktu tidur sebaik-baiknya.

tidur dalam gelap
Sumber : nakita.grid

Warna Kamar

Hindari menggunakan warna ungu, abu-abu, dan hitam untuk dinding kamar. Warna tersebut dipercaya bisa membuat seseorang mengalami insomnia.

Secara psikologis, warna yang hangat bagi mata bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidak hanya itu, warna yang lembut pun dapat menunjang mimpi indah. Alhasil, suasana hati Anda pun meningkat. Warna-warna yang menyejukkan mata seperti biru, merah mudah, atau hijau sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang kerap mengalami kesulitan tidur.

Sumber: kreasirumah

Nah, itulah sejumlah cara yang dapat Anda coba untuk mengoptimalkan waktu tidur. Dengan tidur yang berkualitas, kualitas hidup Anda pun semakin meningkat

Be the first to comment

Beri komentar Anda tentang artikel ini