Cara Efektif Mengukur Loyalitas Karyawan di Perusahaan

mengukur loyalitas karyawan
Sumber : Avaya

Loyalitas karyawan merupakan salah satu kunci sukses bagi perusahaan. Karena karyawan yang loyal akan menunjukkan kinerja terbaiknya setiap saat. Itulah sebabnya kini banyak perusahaan modern berlomba-lomba memberikan fasilitas istimewa demi meningkatkan loyalitas karyawan. Perusahaan juga mesti mengukur loyalitas karyawan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerjanya.

Masih banyak perusahaan yang kurang memahami cara mengukur loyalitas karyawan.

Padahal, loyalitas karyawan bisa diukur secara sederhana melalui beberapa hal berikut ini:

Tingkat Turnover Karyawan yang Rendah

Sumber: Great People Inside

Semakin rendah tingkat turnover karyawan di suatu perusahaan, maka semakin tinggi loyalitas karyawannya. Cara mengukur loyalitas karyawan yang satu ini memang sangat umum. Karyawan yang kepuasan kerjanya tinggi tentu tak akan mudah mengambil keputusan resign. Proses bisnis di perusahaan akan berlangsung lancar karena tak banyak waktu yang dibutuhkan untuk memaklumi adaptasi karyawan baru. Sebaliknya, perusahaan yang tingkat turnover karyawannya relatif tinggi harus melakukan evaluasi untuk menguranginya.

Baca Juga: 5 Aspek Terbaik untuk Buat Karyawan Terbaik Betah di Perusahaan Anda!

Karyawan Ikut Mewaspadai Kompetitor

Sumber: Small Business Bonfire

Kewaspadaan terhadap kompetitor bukan hanya harus dilakukan petinggi dan pemilik perusahaan. Karyawan yang peduli terhadap kelangsungan perusahaannya juga akan melakukan hal yang sama. Para karyawan yang loyal tak segan mengumpulkan dan berbagi informasi tentang keberadaan kompetitor. Keberadaan saingan bisnis yang teridentifikasi sedini mungkin akan membantu perusahaan menentukan langkah antisipasi yang tepat.

Karyawan Berani Mengutarakan Ide-Ide Kreatif

Sumber: shatteringthematrix

Ide-ide kreatif bisa datang dari mana saja, termasuk dari para karyawan yang keberadaannya kurang diperhitungkan. Salah satu cara terbaik mengukur loyalitas karyawan adalah keberaniannya mengutarakan ide. Pemberian ide tersebut menandakan bahwa karyawan peduli terhadap perkembangan perusahaan. Biasanya karyawan yang kurang loyal tak akan peduli dengan kualitas pencapaian perusahaan. Asalkan bisa terus digaji, hal tersebut sudah lebih dari cukup.

Bersemangat Mengikuti Setiap Ketentuan Perusahaan

Sumber: Souvereignman

Sesekali, perusahaan mungkin menerapkan kebijakan baru yang berkaitan dengan pekerjaan di luar kantor dan urusan lainnya. Keputusan tersebut tak akan mengurangi semangat kerja karyawan yang loyal. Justru karyawan yang loyal akan mengikuti setiap ketentuan perusahaan dengan baik. Bahkan, para karyawan tersebut tak akan ragu meluangkan waktu lebih banyak untuk urusan perusahaan. Hal seperti ini tak akan mudah ditemukan pada karyawan yang kurang loyal. Sebab biasanya karyawan yang kurang loyal cenderung lebih suka menyelesaikan pekerjaan secara cepat agar tak berlama-lama berada di kantor.

Jadi, apakah selama ini perusahaan Anda telah mengukur loyalitas karyawan dengan cara yang tepat?

Semoga keputusan menjadi karyawan loyal mendapatkan apresiasi yang sebanding dari perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here