Jangan Hanya Berhemat, Kamu Juga Perlu Meningkatkan Income

Mengurangi pengeluaran perlu dilakukan untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil. Tapi, berhemat saja tidak cukup. Kamu juga perlu meningkatkan income.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari meningkatnya income atau penghasilan. Salah satunya, kamu bisa menambah jumlah atau jenis tabungan. Semisal, jika awalnya hanya memiliki tabungan dana darurat, dengan tambahan income kamu juga bisa memiliki tabungan down payment (DP) rumah atau tabungan pensiun.

Selain itu, tambahan income juga bisa digunakan untuk menambah pengeluaran bulanan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan income.

Membangun Bisnis Sampingan

Cara paling umum yang sering dilakukan untuk meningkatkan income adalah berbisnis sampingan. Kamu juga bisa mengerjakan pekerjaan sampingan. Cara ini bisa dilakukan kalau kamu merasa pekerjaan utama tidak terganggu.

Sebaliknya, kalau memaksa melakukannya, kamu bisa-bisa kehilangan pekerjaan utama. Akibatnya, income justru akan berkurang. Selain itu, ada baiknya kalau bisnis sampingan yang kamu jalankan masih berhubungan dengan pekerjaan utama.

Berinvestasi untuk Mendapatkan Pasif Income

Selain berbisnis sampingan, kamu juga bisa berinvestasi. Dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan pasif income. Namun, kamu harus memperhatikan resiko yang bisa terjadi. Di sisi lain, berinvestasi memerlukan waktu dan perhatian yang tidak terlalu besar. Sehingga kamu bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan utama.

Baca Juga: Ingin Mulai Serius Berinvestasi? Mari Menyiapkan Uang Dingin!

Meningkatkan Income dengan Skill dan Kemampuan

Tidak ada hubungan langsung antara skill dan kemampuan dengan peningkatan income. Tapi, dengan mengembangkan skill dan kemampuan yang dimiliki, karier yang kamu miliki akan semakin baik. Sehingga, kamu bisa mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih baik pula. Dengan begitu, gaji yang didapatkan setiap bulan juga meningkat.

Selain mengembangkannya, kamu juga harus menambah jenis skill dan kemampuan yang dimiliki. Hal ini penting untuk memperbesar kesempatan diterima bekerja jika kamu ingin pindah ke perusahaan lain.

Meminta Kenaikan Gaji

Cara lain untuk meningkatkan income, yaitu dengan meminta kenaikan gaji. Dengan meminta kenaikan gaji, kamu tidak hanya menambah jumlah income. Lebih dari itu, kamu juga mendapatkan gaji yang selayaknya kamu terima.

Kalau merasa skill dan pengalaman yang dimiliki cukup, maka kamu bisa melakukannya. Namun, sebelum melakukan hal ini, lakukan riset jumlah atau kisaran gaji untuk posisimu sekarang. Selain itu, mintalah kenaikan gaji di saat yang tepat.

Pindah Kerja ke Perusahaan Lain

Kalau merasa kesulitan meningkatkan income di perusahaan yang sekarang, mungkin sudah waktunya untuk resign dan pindah kerja di perusahaan lain. Sehingga kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Setidaknya, untuk mendapatkan peluang karier yang lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik di waktu yang akan datang.

Meningkatkan income akan sangat berpengaruh bagi kondisi keuanganmu. Namun, kamu tetap harus berhemat. Pasalnya, meningkatnya income akan percuma kalau kamu tetap mengeluarkan uang tanpa perencanaan yang matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here