Butuh Motivasi Olahraga? Ini Cara Mudah untuk Meningkatkannya

motivasi olahraga

Bagi para pemula, mendapatkan motivasi olahraga bukanlah hal yang mudah. Mungkin selama beberapa hari mereka dapat melakukan olahraga secara rutin, namun saat rasa malas sudah mulai datang, maka akan rusak kebiasaan baik tersebut. Jika Anda juga mengalami kesulitan memotivasi diri sendiri untuk olahraga, maka cobalah satu atau semua cara berikut untuk mendapatkan kembali motivasi olahraga Anda:

Cari Alasan Mengapa Anda Harus Olahraga

Sumber: Shape Singapore

Apakah Anda tahu alasan mengapa Anda harus menghabiskan begitu banyak waktu untuk berolahraga? Jika hingga kini Anda belum menemukan alasan yang tepat, maka ini adalah masalah besar. Mulai sekarang, cobalah buat alasan mengapa Anda wajib  berolahraga. Tanpa alasan atau tujuan yang kuat, maka Anda akan dengan mudah meninggalkan sesi olahraga tersebut. Hal ini pun harus dicapai dengan tujuan yang Anda ukur sendiri, tidak hanya sembarang latihan tiga hari per minggu tanpa alasan atau tujuan yang kuat.

Salah satu contoh alasan yang bisa Anda pakai untuk dijadikan motivasi olahraga misalnya untuk menghindari stres atau mendapatkan berat badan ideal. Maka dengan begini, Anda memiliki tantangan sendiri untuk mewujudkan tujuan tersebut. Olahraga yang Anda lakukan pun menjadi lebih bermakna dan tidak terkesan sia-sia.

Baca Juga:Berniat Olahraga di Gym? Anda Perlu Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulainya!

Ajak Teman

Sumber: toiphongcach

Terkadang, dengan hadirnya seorang teman untuk melakukan olahraga bersama, akan tercipta perbedaan yang signifikan sehingga olahraga yang Anda lakukan akan tetap di jalur yang seharusnya. Dengan begini pun, Anda bukan lagi satu-satunya orang yang menganggap diri Anda bertanggung jawab jika melewatkan sesi latihan. Aturlah untuk bertemu dengan seorang teman latihan, atau Anda dapat mengajak lebih banyak teman untuk berolahraga agar suasana juga semakin menyenangkan. Menurut sebuah penelitian pun, meningkatkan motivasi olahraga dengan mengajak teman adalah cara yang sangat baik untuk tetap disiplin akan jadwal latihan dan tujuan latihan yang sedang dijalankan.

Tetapkan Tujuan

Sumber: Pinterest

Sebelumnya disebutkan bahwa menetapkan tujuan dan mencari alasan mengapa Anda harus olahraga adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, terkadang saat motivasi olahraga sudah mulai menurun, menetapkan tujuan lain juga bisa menjadi penyegaran yang dapat semakin membuat Anda termotivasi. Namun terdapat satu hal yang wajib Anda pahami, jika tujuan terus berubah, target tidak tercapai dan membuat Anda jadi tidak konsisten, maka alangkah lebih baik untuk hanya mengikuti satu tujuan dan ikuti terus.

Hati-Hati dalam Menggunakan Media Sosial

Sumber: Medical Avatar

Banyak dari Anda pasti berpikir bahwa mengikuti postingan latihan teman-teman di media sosial seperti Instagram akan memotivasi diri Anda untuk pergi ke pusat kebugaran. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan Health Communication, hal ini mungkin menjadi perangkap yang akan merusak rasa percaya diri Anda.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang sering menggunakan media sosial untuk hal yang terkait dengan latihan memiliki masalah tersendiri. Kerap kali mereka menilai bahwa latihan yang dilakukan yang orang lain cocok juga untuk mereka, padahal semua orang memiliki cara tersendiri atau metode yang berbeda untuk mencapai tujuannya. Akibatnya saat usaha tidak kunjung membuahkan hasil maka motivasi olahraga jadi berkurang. Apalagi jika hanya berolahraga demi tampilan tubuh yang lebih baik. Padahal seharusnya olahraga dilakukan demi meningkatkan kualitas kesehatan. Jadi pastikan Anda hanya mengikuti orang-orang yang berfokus untuk menjalankan hidup sehat.

Baca Juga: Tidak Perlu Pergi ke Gym, Inilah Sederet Aktivitas yang Sangat Menyehatkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here