Cara Menjelaskan Perbedaan Gaji Karyawan pada Divisi yang Sama

perbedaan gaji karyawan
Sumber : Economy Okezone

Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan tersendiri untuk mengelola gaji karyawan. Sehingga kebijakannya tentu berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain pada bidang yang sama. Perbedaan gaji karyawan pada divisi yang sama pun bukanlah hal yang aneh. Sehingga hal tersebut sering menimbulkan pertanyaan dan kecemburuan antar karyawan.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk menjelaskan perbedaan gaji karyawan tersebut?

Beberapa penjelasan ini bisa Anda gunakan untuk meminimalkan kesalahpahaman tentang urusan gaji:

Perbedaan Terjadi karena Pertimbangan Tertentu

Sumber : Pow Wow Now

Ada banyak faktor yang menyebabkan perbedaan gaji karyawan bisa terjadi di perusahaan. Misalnya, faktor jenjang pendidikan dan pengalaman kerja. Karyawan yang jenjang pendidikannya tinggi biasanya mendapatkan gaji lebih besar dibandingkan karyawan dengan jenjang pendidikan yang lebih rendah. Demikian pula halnya dengan pengalaman kerja. Karyawan senior yang sudah berpengalaman juga kerap mendapatkan gaji lebih besar. Meskipun ada karyawan lain yang kedudukan dan job desk-nya sama dengan karyawan senior tersebut.

Baca Juga: 5 Langkah Mengalihkan Pekerjaan kepada Karyawan Baru

Gaji Besar untuk Menghargai Kinerja Karyawan

Sumber : Economy Okezone

Alasan lainnya yang bisa digunakan untuk menjelaskan perbedaan gaji karyawan adalah produktivitas. Berdasarkan penilaian yang dilakukan secara teratur, tentu saja karyawan yang lebih produktif berhak mendapatkan gaji lebih besar. Perbedaan tersebut justru harus dijadikan pemicu semangat. Supaya karyawan lainnya semakin produktif demi memperoleh gaji besar. Produktivitas seluruh karyawan pasti akan turut mempengaruhi pencapaian perusahaan.

Menjelaskan tentang Tanggung Jawab Karyawan

Sumber : Saba

Karyawan senior yang gajinya lebih kecil tak harus selalu iri dengan yang gajinya lebih besar. Faktanya, gaji besar tentu sebanding dengan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Karyawan baru yang mendapatkan gaji besar akan memikul tanggung jawab besar terhadap perusahaan. Kalau seorang karyawan senior bekerja secara maksimal untuk perusahaan, peluang untuk naik gaji dan naik jabatan tetap terbuka lebar.

Kebutuhan Perusahaan Senantiasa Berubah

Sumber : Metso

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan perusahaan terhadap kualifikasi karyawan senantiasa berubah. Misalnya, perusahaan modern membutuhkan yang menguasai seluk beluk Information Technology (IT). Itulah sebabnya karyawan dengan kemampuan IT yang mumpuni akan mendapatkan gaji lebih besar. Namun, sebaiknya perbedaan gaji karyawan tersebut tak berlangsung terlalu lama. Karena karyawan lainnya yang menunjukkan kinerja terbaik juga berhak mendapatkan kenaikan gaji.

Jangan sampai Anda keliru menyikapi dan menjelaskan perbedaan gaji karyawan yang terjadi di perusahaan. Penjelasan yang tepat akan membuat para karyawan mudah memahami. Sehingga risiko kesalahpahaman di lingkungan kerja pun dapat diminimalkan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini