4 Cara Mentransformasikan Pencarian Kerja di Tahun 2018 untuk Kesuksesan yang Segera

mentransformasikan pencarian kerja
Sumber: clodura

Tahun baru memberikan kita semua lembaran baru untuk memulai segalanya. Dan siapa yang tidak suka dengan kesempatan baru? Jika tahun 2017 bukanlah tahun terbaik bagi Anda untuk urusan karir, atau jika Anda berencana untuk memulai karir ataupun mencari pekerjaan baru di tahun ini, maka kinilah saatnya Anda mentransformasikan pencarian kerja Anda. Waktunya mengatakan selamat tinggal kepada kesalahan-kesalahan dalam membuat resume, kata-kata yang salah ucap pada wawancara kerja, atau wawancara video dengan kesalahan teknis seperti yang pernah terjadi di tahun sebelumnya. Jika Anda sedang berusaha meninggalkan perusahaan Anda yang sekarang, kini adalah waktunya untuk berpindah ke hal-hal yang lebih cerah dan lebih baik.

Jika Anda tengah mencari cara untuk mentransformasikan pencarian kerja Anda menjadi jauh lebih efektif di tahun ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Lakukan Ini untuk Mentransformasikan Pencarian Kerja Anda

Prioritaskan Perkembangan Pribadi Anda

perkembangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mentransformaskan pencarian kerja: jika Anda ingin menemukan pekerjaan impian Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda memahami apa pekerjaan impian Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu menghabiskan waktu untuk memahami apa yang ingin Anda lakukan dan bagaimana ini bisa pas dengan gol-gol karir Anda di masa depan.

Jika Anda mencari pekerjaan impian, maka perhatikanlah bukan hanya karir-karir yang terdengar menyenangkan, namun juga setiap peran yang menarik bagi Anda. Semakin sadar terhadap apa yang berpengaruh bagi Anda, maka semakin mudah untuk menemukan posisi yang cocok dengan Anda.

Pertama-tama, fokuslah pada gol pribadi yang bisa dilakukan. Misalnya, mulailah mendengarkan podcast pengembangan kepribadian atau membaca buku-buku yang menginspirasi kreativitas. Lakukan ini secara teratur. nantinya, ini akan membantu memperluas dunia Anda, dan seiring dengan semakin luasnya dunia Anda, maka kesempatan yang lebih luas pun juga akan Anda dapatkan.

Baca Juga: Taktik Pencarian Kerja Ketinggalan Zaman yang Harus Segera Anda Tinggalkan

Buat Resolusi Tahun Baru yang Berorientasi pada Karir

resolusi karir
Sumber : dailyfirstaid

Sudahkah Anda membuat resolusi di tahun baru ini? Jika belum ataupun belum yakin dengan resolusi Anda, maka masih belum terlambat untuk mentransformasikan pencarian kerja Anda dengan membuat resolusi tahun baru yang memiliki orientasi pada pengembangan karir Anda. Anda perlu memikirkan kesalahan-kesalahan yang Anda buat dalam mencari pekerjaan tahun lalu dan menggunakannya untuk membantu diri Anda menentukan apa yang bisa dan harus Anda lakukan dengan berbeda di tahun ini.

Buatlah sebuah daftar singkat hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk jadi lebih baik dalam mencari kerja tahun ini. Beberapa resolusi yang Anda lakukan untuk mentransformasikan pencarian kerja seperti memperluas jaringan profesional Anda, mencari tahu apakah Anda kenal seseorang yang bisa membantu Anda mendapatkan kerja di perusahaan impian, atau meriset gaji serta mengunduh contoh-contoh resume efektif dan memperbaiki resume Anda.

Lakukan Riset

menulis resume terbaik
Sumber : womansday

Salah satu kesalahan yang sering dibuat oleh pencari kerja adalah melakukan ini dengan buta. Jika Anda tak tahu jenis pekerjaan apa yang tersedia di kota Anda, atau seberapa banyak uang yang diperoleh orang-orang lain pada jabatan yang ingin Anda pilih, maka Anda mungkin akan mendapati kegagalan. Transfromasikan pencarian kerja Anda dengan melakukan riset yang menyeluruh sebelumnya.

Buat daftar perusahaan yang Anda ingin bekeja di dalamnya. Lalu, riset perusahaan-perusahaan lain dengan misi atau produk yang sama dan perluas opsi pencarian Anda di industri tersebut. Jangan lupa juga untuk meriset budaya perusahaan dan gaji.

Beristirahatlah

Mencari kerja adalah sebuah hal yang bisa membuat stres. Jika Anda menghabiskan banyak waktu menulis ulang resume atau cover letter dan tidak mendapatkan respons, maka Anda bisa kehilangan kesabaran. Anda mungkin tidak ingin buang-buang waktu karena Anda butuh segera membayar tagihan, namun jangan sampai Anda tidak sempat bernapas dan melakukan aktivitas lain untuk rileksasi.

Setiap kali Anda merasa pada kondisi stes paling puncak, liburkan diri Anda dari pencarian kerja selama satu atau dua hari. Ini akan lebih membawa manfaat bagi diri Anda.

Beri Komentar Anda

komentar