Jangan Asal, Begini Cara Merawat Kulit Sensitif yang Tepat!

Jangan Asal Melakukan Perawatan Kulit. Begini Cara Merawat Kulit Sensitif yang Tepat
Sumber: Nivea

Anda yang memiliki jenis kulit sensitif tentu sangat tahu bagaimana repotnya melakukan perawatan kulit. Salah dalam membeli produk kosmetik saja sudah berhasil membuat kulit wajah seperti terbakar dan muncul jerawat. Kondisi kulit seperti ini memang cenderung mudah rusak dan mudah terkena bintik jerawat. Jika Anda tidak ingin memperparah kulit wajah, Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan perawatan. Dan berikut adalah beberapa cara merawat kulit sensitif agar tidak berontak.

Merawat Kulit Sensitif dengan Benar untuk Mencegah Masalah Kulit

Anda Punya Jenis Kulit Sensitif? Simak Cara Merawat Kulit Sensitif Untuk Menghindari Iritasi
Sumber: Independent

Kondisi Kulit Sensitif

Kulit sensitif dikenal sangat reaktif terhadap produk perawatan kulit dan makeup. Dengan kata lain, merawat kulit sensitif tidaklah mudah. Ada aturan khusus yang tidak boleh dilanggar, dan ada aturan yang harus Anda ikuti karena perlakuan Anda terhadap kulit dapat memengaruhi kondisi kulit wajah Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Produk Kosmetik Untuk Jenis Kulit Sensitif

Tips Merawat Kulit Sensitif

Untuk merawat kulit sensitif agar tidak memicu masalah kulit kemerahan, Anda perlu melakukan beberapa perawatan berikut:

  1. Lakukanlah perawatan yang lembut pada kulit. Ini adalah aturan pertama yang harus diikuti bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Selalu merawat kulit sensitif dengan lembut karena jika melakukannya dengan kasar hal itu hanya akan membuat kulit menjadi kemerahan dan gatal. Ini juga berkaitan dengan pemakaian produk perawatan kulit dan mengangkat sisa makup pada kulit.
  2. Selalu lakukan tes produk pada kulit sebelum membeli. Ini juga menjadi salah satu cara merawat kulit sensitif yang harus Anda perhatikan untuk mencegah kulit kemerahan dan gatal. Untuk itu, selalu lakukan tes produk kecantikan, termasuk juga kosmetik. Dengan cara ini Anda akan tahu apakah produk tersebut cocok untuk jenis kulit sensitif Anda atau tidak.
  3. Gunakan skin cleansing facial wipes. Benda ini sangat berguna untuk mengangkat kotoran secara efektif dari wajah dan mencegah terjadi penyumbatan pada pori. Jadi kalau Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda perlu membawa barang ini dalam tas dan gunakan kapan pun diperlukan karena akan membuat kulit Anda tetap bersih.
  4. Selalu gunakan tabir surya. Karena kulit sensitif sangat rentan, bahkan terkena sedikit paparan sinar UV dapat memicu peradangan dan gejala kulit kemerahan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, selalu pastikan untuk mengaplikasikan tabir surya terlebih dulu kapan pun Anda keluar rumah.
  5. Gunakan sedikit makeup. Memulaskan banyak layer makeup pada jenis kulit sensitif dapat memicu infeksi parah. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah bahan alami untuk membantu kulit tampak sempurna bahkan bila hanya sedikit memakai makeup.
  6. Gunakan toner kulit. Mengaplikasikan toner kulit diketahui dapat memberi efek menenangkan. Produk ini juga mudah dipakai dan cocok untuk jenis kulit sensitif. Tidak hanya menenangkan kulit, tetapi juga bisa meningkatkan hidrasi kulit.
  7. Bilas wajah dengan raw milk. Merawat kulit sensitif juga bisa dilakukan dengan menggunakan raw milk. Raw milk penuh dengan berbagai sifat anti-bakteri dan dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dari kerusakan kulit dan menyebabkan bintik jerawat yang menjengkelkan. Anda bisa membilas wajah dengan raw milk 2x seminggu untuk memastikan Anda terhindar dari masalah kulit.
  8. Lakukan eksfoliasi kulit dengan bahan alami. Melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati juga menjadi tahap penting dalam perawatan kulit. Dan karena produk di pasaran untuk kulit sensitif sangat jarang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memakai bahan alami.
  9. Gunakan air mawar. Air mawar adalah agen penenang kulit alami yang bekerja begitu luarbiasa pada jenis kulit sensitif. Bila kulit Anda sangat reaktif, Anda bisa menggunakan air mawar tiap hari untuk mencegah kulit kemerahan dan terasa gatal.